Sochi, Rusia (ANTARA News) - Kroasia akhirnya maju ke semifinal Piala Dunia 2018. Krosia secara sangat dramatis mengalahkan tuan rumah Rusia dengan skor 4-3 melalui adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 2-2 hingga perpanjangan waktu di perempat final Piala Dunia, Sabtu.

Tendangan terakhir pinalti Kroasia mengubah usaha keras Rusia sekaligus menjadikan wajah para pendukung Rusia berubah menjadi sedih.

Kroasia selanjutnya akan menghadapi Inggris di babak semifinal.

Bek Kroasia, Domagoj Vida dengan kuncir khasnya, membawa timnya unggul 2-1 hasil tendangan sudut Luka Modric pada periode pertama perpanjangan waktu, tetapi pemain Rusia Mario Fernandes berhasil menyamakan kedudukan pada lima menit tersisa, dan membuat sorak-sorai penonton Rusia di Stadion Fisht.

Sebelumnya sepakan keras kaki kiri Denis Cheryshev dari tepi kotak penalti membuka skor untuk Rusia di menit ke-31 saat waktu normal, tetapi Andrej Kramaric menyamakan kedudukan delapan menit kemudian hasil dari umpan silang Mario Mandzukic.

Kiper Kroasia, Danijel Subasic, tampil secara baik dan dia layak diberikan pujian tersendiri. Penyelamatan-penyelamatan dia pada saat kritis sering menyelamatkan gawangnya. 

Kroasia akan menghadapi Inggris di Stadion Luzhniki, Moskow, pada Rabu, setelah sebelumnya mengalahkan Swedia dengan skor 2-0 di Samara.

Pewarta: ANTARA
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018