Jakarta (ANTARA News) - Kroasia melaju ke semifinal Piala Dunia 2018 seusai mengeliminasi tuan rumah Rusia melalui babak adu penalti dengan skor 4-3, setelah kedua tim bermain imbang 2-2 pada laga yang digelar di Fisht Stadium, Sochi, Minggu dini hari WIB.

Kroasia yang berstatus sebagai tim "kuda hitam" akan melawan Inggris pada semifinal yang akan diselenggarakan pada Rabu pekan depan. Pemenang laga tersebut akan menghadapi Prancis atau Belgia di final Piala Dunia 2018.

Kroasia menang setelah empat penendang penalti -- Brozovic, Modric, Vida dan Rakitic -- sukses menjebol gawang Rusia yang dijaga Igor Akinfeev. Sedangkan tim tuan tumah tertunduk lesu saat tendangan Smolov dan Fernandes tidak berbuah gol pada babak penalti itu.

Baca juga: Kroasia taklukkan Rusia lewat adu penalti

Terdapat sejumlah catatan penting dalam kemenangan Kroasia atas Rusia, berikut ulasannya dilansir FIFA:

- Kroasia menjadi tim kedua yang memenangi dua pertandingan melalui babak adu penalti dalam satu turnamen Piala Dunia, setelah Argentina pada 1990.
- Rusia menjadi negara tuan rumah pertama yang tersingkir di babak perempat final Piala Dunia, setelah Meksiko pada 1986.
- Kroasia lolos ke semifinal Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah mencapai babak yang sama pada 1998.
- Sebanyak 14 dari 20 gol yang masuk ke gawang Rusia di Piala Dunia tercipta melalui servis bola-bola mati, termasuk tujuh dari delapan gol yang bersarang di gawang Rusia pada Piala Dunia 2018.
- Kroasia memiliki delapan orang pencetak gol di Piala Dunia 2018, mendekati Belgia yang memiliki sembilan pemain berbeda.
- Tiga gol sundulan yang tersaji pada pertandingan ini menjadi salah satu yang terbanyak dalam satu pertandingan Piala Dunia. Rekor gol sundulan terbanyak (5 gol) tercipta saat Jerman menekuk Arab Saudi 8-0 pada 2002.

Galeri foto kemenangan Kroasia atas Rusia:
 
Gelandang Rusia Denis Cheryshev melakukan selebrasi setelah mencetak gol atas Kroasia di Stadion Fisht (7 Juli 2018). (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
 
Pemain depan Kroasia Andrej Kramaric berselebrasi setelah mencetak gol penyama kedudukan di Sochi (7 Juli 2018). (Nelson Almeida / AFP)
 
Penjaga gawang Rusia Igor Akinfeev (kanan) menyaksikan bola masuk kegawangnya di Sochi (7 Juli 2018). (Nelson Almeida / AFP)
 
Bek Kroasia Vedran Corluka (kanan) merayakan gol bersama Domagoj Vida di Stadion Fisht di Sochi (7 Juli 2018). (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)
 
Bek Rusia Mario Fernandes (kiri) mencetak gol lewat sundulan  (7 Juli 2018). (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
 
Bek Rusia Mario Fernandes berlari merayakan gol di Sochi (7 Juli 2018). (Nelson Almeida / AFP)
 
Penjaga gawang Kroasia Danijel Subasic menghentikan tembakan Fedor Smolov di Sochi (7 Juli 2018). (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)
 
Kiper Rusia, Igor Akinfeev, menyelamatkan tendangan penalti dari pemain tengah Kroasia Mateo Kovacic  di Sochi (7 Juli 2018). (AFP/Odd Andersen)
 
Pemain Kroasia merayakan kemenangan adu penalti  (7 Juli 2018). (AFP/Pierre Marcou)
 
Reaksi pemain Rusia setelah kalah dalam adu penalti atas Kroasia di Sochi (7 Juli 2018). (AFP/Kirill Kudyarsev)

 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018