Bantuan ada, nanti kita tinjau dulu, dananya ada BTT (Biaya Tak Terduga)
Garut (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiapkan bantuan bagi warga yang menjadi korban gelombang tinggi laut selatan Jawa yang menerjang pesisir pantai Garut.

"Bantuan ada, nanti kita tinjau dulu, dananya ada BTT (Biaya Tak Terduga)," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Rabu.

Pemerintah daerah sudah mendapat laporan adanya gelombang tinggi laut Jawa yang menerjang daratan pesisir pantai selatan Garut. Gelombang laut itu dilaporkan telah berdampak pada kerusakan infrastruktur dan bangunan di sekitar pantai.

"Sekarang kita tinjau dulu kerusakannya," kata Rudy.

Baca juga: Pantai selatan Garut diterjang ombak besar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut telah meninjau langsung dampak dari gelombang itu. Peristiwa itu tidak hanya terjadi di Garut, tetapi melanda daerah lainnya di sepanjang laut selatan Jawa.

"Ini karena anomali cuaca selatan Pulau Jawa," katanya.

Ia mengimbau masyarakat, khususnya nelayan untuk tidak melaut atau beraktivitas sekitar bibir pantai karena khawatir membahayakan keselamatan jiwa. "Diimbau tidak melaut sampai situasinya aman," kata Rudy.

Sebelumnya, gelombang tinggi laut selatan terjadi sejak beberapa hari, dampaknya ombak meluap ke daratan di sepanjang pantai Garut. (KR-FPM).
 
Baca juga: Wisatawan diimbau tidak ke pantai selatan Cianjur
Baca juga: Tinggi gelombang laut Selatan Yogyakarta diprediksi capai sembilan meter

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018