Call center dan WhatsApp 24 jam itu dikelola oleh petugas kami"
Jakarta (ANTARA News) - PT Angkasa Pura II (Persero) mengimbau para penumpang yang tiba atau lepas landas di Bandara Soekarno-Hatta dapat memanfaatkan media sosial AP II jika ada barang yang tertinggal atau hilang.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta, Febri Toga, saat dihubungi Antara di Jakarta, Rabu, mengatakan jumlah barang yang ditemukan unit "Lost and Found" Bandara Soetta memang banyak karena hampir setiap hari ada barang penumpang yang tertinggal. Namun, tidak banyak penumpang yang mengetahui mereka bisa memanfaatkan media sosial AP II untuk melaporkannya.

"Call center dan WhatsApp 24 jam itu dikelola oleh petugas kami. Jadi memang banyak penumpang yang merasa barangnya cepat ditemukan," kata Febri.

Selain call center melalui nomor 138 dan pesan "chat" lewat aplikasi WhatsApp, penumpang juga bisa melaporkan barang hilang lewat akun media sosial AP II di Twitter, Facebook, Instagram, dan melalui email resmi.

Febri memaparkan bahwa proses pengembalian barang tertinggal oleh penumpang dilakukan dengan koordinasi yang baik antara petugas maskapai penerbangan, Security on Duty, hingga Aviation Security di setiap terminal Bandara Soekarno-Hatta.

"Bahkan ada grup WhatsApp juga khusus mengurusi masalah `lost and found` dari Terminal 1, 2, dan 3 ada koordinasi dari pimpinannya masing-masing. Sehingga kalau ada kejadian barang hilang dapat ditemukan dengan cepat," kata Febri.

Ia menambahkan untuk menumbuhkan kejujuran dan sifat integritas, Petugas AP II diharuskan mengucapkan ikrar sebelum memulai tugasnya, serta berkomitmen untuk mengutamakan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang.

Baca juga: Deputi BUMN minta AP I dan II siapkan layanan ekstra

Baru-baru ini, sejumlah penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, mengapresiasi layanan "lost and found" yang dikelola AP II.

Dari penyiar radio ternama Bayu Oktara hingga Direktur SDM PT Semen Indonesia, Agung Yunanto, menyampaikan apresiasinya setelah barang mereka yang tertinggal dapat ditemukan oleh AP II.

"Dari tanggal 7 Juli sampai ke tanggal 24 Juli cukup jauh. Begitu sampai di sini, dicek barangnya, ternyata jaket saya masih ada. Sangat luar biasa untuk AP II," kata Bayu lewat sebuah video.

Sementara itu, Agung Yunanto menulis lewat pesan singkat via WhatsApp. "Saya tertinggal HP di area bagasi Bandara Soetta-Terminal 3. 30 menit kembali ke bandara, Alhamdulillah sudah diamankan," tulisnya.

Baca juga: Kisah barang penumpang tercecer dan layanan "lost and found" AP II di bandara

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018