Surabaya (ANTARA News) - Persib Bandung memuncaki klasemen sementara paruh musim Liga 1 usai mengalahkan Persebaya dengan skor 4-3 pada laga tunda yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis malam. 

"Saya bangga terhadap para pemain karena bisa menang di Surabaya, meski bermain di sini sangat susah," ujar Pelatih Persib Bandung Mario Gomez usai pertandingan. 

Gol-gol kemenangan Persib dicetak masing-masing dua gol oleh Supardi Nasir menit 5 dan 22, dan Ghazali Siregar menit 53 dan 81.

Tiga gol tuan rumah dicetak oleh Ricky Kayame menit 57, Fandi Eko Utomo menit 64 dan David Da Silva menit 87.

Tambahan tiga poin menjadikan  koleksi angka tim Maung Bandung tersebut menjadi 29 dan unggul dari pesaingnya Barito Putera serta PSM Makassar dengan 28 poin. 

Kekalahan Persebaya di kandang sendiri membuat tim berjuluk "Bajul Ijo" itu kalah beruntun setelah takluk 1-0 atas PSIS Semarang sehingga tak mengubah posisinya di peringkat 13 klasemen sementara dengan koleksi 22 poin. 

"Pertandingan berjalan tidak sesuai harapan dan gol-gol Persib tercipta karena memanfaatkan kesalahan pemain sendiri," kata pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera. 

Sementara itu, pertandingan babak pertama belum berjalan semenit, striker Persebaya David Da Silva yang mendapat bola dari garis tengah merangsek ke depan, namun tendangannya masih melebar tipis dari gawang Persib yang dijaga M. Nathsir. 

Begitu juga serangan balik menit ke-3, tendangan voli David Da Silva masih melambung di atas mistar gawang Persib. 

Berselang dua menit kemudian, giliran Persib Bandung menyerang dari sisi kanan pertahanan Persebaya dan 50 ribu lebih suporter Persebaya dibuat terdiam setelah kapten Supardi Nasir mencetak gol melalui sundulan kepala. 

Tertinggal satu gol, permainan tuan rumah justru semakin mengendur, serangan-serangan yang dilancarkan di menit awal tak terlihat. 

Bahkan, menit ke-22 tim tamu berhasil menggandakan keunggulan kembali melalui kapten mereka, Supardi Nasir, memanfaatkan bola muntah setelah terjadi kemelut di muka gawang Miswar Saputra. 

Babak kedua berjalan, Persib yang butuh tiga poin untuk memuncaki klasemen langsung melancarkan serangan, terbukti menit ke-53 Ghazali Siregar yang melewati beberapa pemain belakang lawan sukses menceploskan bola ke gawang Miswar Saputra.

Ketinggalan 0-3, pelatih Persebaya Alfredo Vera memasukkan gelandang serangnya, Robertino Pugliara menggantikan Rendi Irwan, dan terbukti baru dua menit di lapangan sudah memberikan umpan manis yang sukses dimanfaatkan Ricky Kayame memperkecil kedudukan di menit ke-57.

Memasukkan satu gol membuat permainan Persebaya hidup dan berkali-kali membuat peluang, dan menit ke-64 sundulan Fandi Eko Utomo merobek jala Persib usai memanfaatkan umpan silang Robertino Pugliara.

Tapi, pada menit ke-81, Persib Bandung justru kembali memperbesar keunggulan kembali melalui Ghazali Siregar melalui tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. 

Tiga menit menjelang waktu normal pertandingan, David Da Silva memperkecil kedudukan melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan tendangan penjuru Misbakus Solikin. 

Skor akhir 4-3 tak berubah hingga wasit Aprisman Aranda dari Sumatera Barat meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Baca juga: Arema enggan sesumbar hadapi tuan rumah Mitra Kukar
Baca juga: Persib bidik tiga poin demi pimpin klasemen
Baca juga: Banyak pemain Persebaya absen saat melawan Persib Bandung

 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018