BPBD mulai salurkan bantuan untuk korban gempa NTB

BPBD mulai salurkan bantuan untuk korban gempa NTB

Warga korban gempa mendapatkan perawatan di luar Puskesmas Sembalun Selong, Lombok Timur, NTB, Minggu (29/7/2018). (ANTARA FOTO/Zakir)

Mataram (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai menyalurkan bantuan bahan makanan bagi korban gempa bumi yang melanda Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa NTB, Minggu pagi.

Korban gempa di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara, menjadi prioritas untuk memperolehan bantuan bahan pangan, mengingat kedua wilayah tersebut merupakan yang paling terdampak bencana itu.

"Kedua kabupaten itu paling terdampak gempa bumi sehingga menjadi fokus utama dulu untuk mendapatkan bantuan bahan makanan," kata Kepala BPBD NTB Mohammad Rum ketika dihubungi dari Mataram, MInggu.

Bantuan yang disalurkan berupa 275 dus mie instan dan 275 dus air mineral kemasan untuk 75 wilayah di Lombok Timur dan 200 daerah di Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

Baca juga: Korban tewas gempa NTB bertambah jadi 10 orang

Baca juga: Ada 43 gempa susulan hingga pukul 08.00 di NTB


PIhaknya juga tengah berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk menyediakan fasilitas kesehatan baik dengan menurunkan petugas medis maupun pasokan obat-obatan dalam waktu cepat, mengingat banyaknya korban luka-luka.

"Penanganan bencana gempa bumi telah dilaksanakan berkoordinasi dengan BPBD kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, dan Lombok Timur, dan Sumbawa Barat," ujarnya.

"Tim dari BPBD NTB juga terus bergerak untuk mengidentifikasi jumlah korban dan kerusakan bangunan," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Jalur pendakian Rinjani ditutup akibat gempa

Baca juga: Gempa tektonik Lombok-Sumbawa akibat sesar naik Flores

Pewarta: Awaludin
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Pemda bentuk satgas awasi aplikator nakal dan kelangkaan material

Komentar