Jakarta (ANTARA News) - Game online Fallout 76 tidak akan diluncurkan di Steam. Hal ini dikonfirmasi oleh pengembang game tersebut, Bethesda Game.

Sebelumnya, laman FAQ Fallout 76 menyatakan bahwa "B.E.T.A (yang merupakan akronim Fallout untuk Break it Early Test Application) dan game ini akan tersedia di Xbox One, PlayStation 4 dan di PC (hanya melalui Betshesda.net)."

Laman pembelian Fallout 76 juga hanya memuat logo "game PC" generik, tanpa menyebut Steam.

Kini, Bethesda menegaskan bahwa baik beta maupun versi game penuh tidak akan dirilis di platform tersebut.

"Versi PC Fallout 76, baik untuk B.E.T.A. dan peluncurannya, akan tersedia hanya melalui Bethesda.net, bukan di Steam," kata seorang perwakilan Bethesda, seperti dilansir dari PC Gamer.

Langkah ini dinilai mengejutkan. Pasalnya, Bethesda jelas ingin mendorong adopsi peluncurannya sendiri secara lebih luas.

Namun, bukan berarti game tersebut benar-benar tidak akan muncul di platform distribusi digital PC terbesar dan paling populer tersebut, tetapi mungkin harus menunggu lebih lama.

Sebagai informasi, Fallout Shelter dirilis di Bethesda.net pada Juli 2016, dan baru hadir di Steam pada Maret 2017.

Catatan menarik lainnya dalam FAQ versi beta adalah jika semua berjalan sesuai rencana, versi beta akan benar-benar menjadi game lengkap, dan setiap kemajuan yang Anda buat di dalamnya akan dibawa ke versi rilis.

"Rencana kami saat ini untuk B.E.T.A. akan menjadi permainan penuh dan semua kemajuan Anda disimpan untuk peluncuran," kata perwakilan Bethesda.

Versi beta ini juga tidak akan berada di bawah NDA. Meskipun hal itu sudah diketahui sebelumnya, namun dibutuhkan peningkatan signifikan jika versi beta sebenarnya adalah game penuh.

Uji beta Fallout 76 akan dimulai sekitar bulan Oktober. Bagi mereka yang melakukan praorder game tersebut akan diundang untuk ambil bagian, demikian PC Gamer.

Baca juga: BSSN: Game Online jadi sarana komunikasi teroris

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018