Pelaksanaan Asian Games 2018 bisa menjadi sumber penggerak pendapatan konsumen di Sumsel
Palembang (ANTARA News) - Pendapatan masyarakat Sumatera Selatan diperkirakan bakal meningkat karena adanya perhelatan akbar Asian Games XVIII di Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018.

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Tri Ratna Dewi di Palembang, Selasa, mengatakan, BPS memperkirkan pendapatan masyarakat bakal meningkat pada triwulan III/2018 dengan nilai indeks sebesar 100,48. "Pelaksanaan Asian Games 2018 bisa menjadi sumber penggerak pendapatan konsumen di Sumsel," katanya.

Tri mengatakan pendapatan rumah tangga pada triwulan II mengalami peningkatan yang didorong adanya pencairan tunjangan hari raya (THR) baik bagi PNS, honorer maupun pegawai perusahaan swasta/BUMN. Sementara itu, secara umum, nilai Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Sumsel untuk tiga bulan mendatang diperkirakan sebesar 97,55.

Menurut Tri, meski pendapatan konsumen diprediksi meningkat namun indeks tertahan oleh komponen rencana pembelian barang-barang tahan lama. "Konsumen tampaknya belum memprioritaska rencana untuk membeli barang tahan lama, melakukan rekreasi maupun menyelenggarakan hajatan," katanya.

Dengan demikian, kata Tri, nilai ITK sebesar 97,55 menunjukkan bahwa kondisi ekonomi dan tingkat optimisme konsumen diprediksi tidak mengalami perbaikan pada triwulan III/2018.

Baca juga: UMKM sulit cari ruang jual atribut Asian Games
Baca juga: Masyarakat Sumsel dapatkan warisan perubahan



 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2018