Jakarta (ANTARA News) - Masyarakat Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendeklarasikan untuk mendukung Joko Widodo sebagai presiden dua periode yang merupakan wujud terima kasih masyarakat Rote kepada Jokowi.

"Deklarasi dan dukungan masyarakat Rote hari ini sebagai wujud terimakasih masyarakat kepada Presiden, karena Presiden telah memperhatikan pembangunan di daerah khususnya di Rote," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Arus Bawah Jokowi (DPP ABJ), Michael Umbas, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu.

Deklarasi dukungan Jokowi Dua Periode diikuti ratusan warga setempat dan berlangsung di Pantai Nemberala, Rote Ndao. Warga dan simpatisan Jokowi membentangkan spanduk besar bertuliskan "Terimakasihku Untukmu Jokowi" dalam deklarasi tersebut.

Dalam kunjungan kerjanya ke ke Indonesia bagian selatan, NTT, Presiden Jokowi membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH) dan sertifikat tanah.

Di NTT, Presiden Jokowi juga meresmikan Unit Sekolah Baru (USB) SMP Negeri 4 Rote Barat Daya di Desa Lentera, Rote Ndao, Pulau Rote dan meresmikan Bendungan Raknamo di Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang.

Di wilayah terluar Indonesia yang berbatasan dengan Australia dan Timor Leste, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meresmikan pembangunan infrastruktur monumental yakni Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini di Kabupaten Timur Tengah Utara dan PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka.

"Sederet program tersebut bukan sekedar janji, namun sudah direalisasikan Jokowi dengan mengacu pada gagasan besar yang tertuang dalam Sembilan Program Prioritas atau Nawa Cita. Khususnya Nawacita Ketiga yaitu `membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan`," kata Umbas.

Menurut dia, berbagai kebijakan Pemerintah telah dan akan terus dilaksanakan di daerah terluar. Pemerataan pembangunan inilah yang dirasakan masyarakat sehingga mereka tidak segan untuk mendeklarasikan diri mendukung Presiden Joko Widodo memimpin kembali Indonesia lima tahun ke depan.

Sekadar diketahui, deklarasi dan dukungan terhadap pencalonan kembali Presiden Jokowi yang dimotori Arus Bawah Jokowi Rabu ini berlangsung secara serentak di empat daerah terluar. Empat daerah itu adalah di Rote (NTT), Sabang (Aceh), Miangas (Sulawesi Utara) dan Merauke (Papua).

Seperti halnya ke Miangas, lanjut Umbas, kunjungan sekaligus implementasi janji Jokowi bagi masyarakat Rote merupakan prestasi sekaligus sejarah sebab baru pertama kalinya Rote Ndao dikunjungi Kepala Negara.

"Ini adalah jawaban dari masyarakat yang tinggal di Pulau Rote. Mereka merasakan adanya perubahan signifikan, baik dari pembangunan infrastruktur maupun aksestabilitasnya," ucapnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018