Samsung umumkan modem 5G Exynos 5100

Samsung umumkan modem 5G Exynos 5100

Samsung umumkan modem 5G Exynos 5100 (news.samsung.com)

Jakarta (ANTARA News) - Samsung telah mengembangkan modem 5G, dan pertama kali memamerkannya dalam gelaran teknologi Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas tahun ini.

Kini, Samsung secara resmi mengumumkan produk tersebut, dan menamakannya Exynos 5100. Ini adalah modem 5G pertama Samsung, dan sesuai dengan standar 3GPP.

Seperti modem pada chipset Exynos 9810 yang ada di Galaxy S9, S9+ dan Note 9, modem Exynos 5100 dibangun pada proses pembuatan 10nm yang mendukung jaringan lawas seperti 2G GSM/CDMA, 3G WCDMA, TD-SCDMA, HSPA dan 4G LTE dalam satu solusi chip.

Lebih penting dari itu, modem tersebut adalah sebuah perangkat keras jaringan 5G yang sepenuhnya mendukung sub-6GHz dan spektrum mmWave yang ditentukan oleh 3GPP (3rd Generation Partnership Project).

Hal ini berarti bahwa chip tersebut dapat mencapai kecepatan teoritis hingga 2Gbps menggunakan frekuensi sub-6GHz dan hingga 6Gbps pada mmWave.

Kecepatan transfer ini disebut 1,7 kali dan 5 kali lebih cepat dari pendahulunya ketika menggunakan sub-6GHz dan pengaturan mmWave.

Chip ini menjadi terobosan besar bagi pengguna serta membantu membawa lebih dekat kepada beberapa teknologi yang sudah lama diantisipasi seperti IoT (Internet of Things), hologram, video resolusi ultra-tinggi, kecerdasan buatan (AI) real-time, dan teknologi kemudi otonom.

Samsung berjanji untuk membawa modem tersebut kepada konsumen pada akhir 2018, demikian dilansir dari GSM Arena.

Baca juga: Penjualan merosot, Samsung bakal tutup pabrik di China

Baca juga: Samsung harap penjualan Note 9 lewati Note 8

Penerjemah: Arindra Meodia
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar