Jakarta (ANTARA News) - Mongolia berhasil mengatasi Hong Kong dengan skor 83-79 dalam laga penyisihan Grup Y bola basket putri Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat.

Pertandingan tersebut tak ubahnya adu jitu kemampuan dalam menembak tripoin, tercatat tak kurang dari 23 kali tripoin yang berhasil dilesakkan dalam laga tersebut, 15 kali di antaranya dimiliki oleh Mongolia.

Dari 15 kali tersebut, Bulbul Murat menceploskan 8 kali tembakan tripoin, sedangkan rekannya Unurzaya Battogtokh sukses melakukan 5 kali tembakan tripoin.

Murat menutup pertandingan dengan catatan dominan 37 poin untuk kemenangan Mongolia, diikuti Battogtokh 23 poin dan Solongo Bayasgalan 14 poin.

Sementara bagi Hong Kong, pencetak angka terbanyak diraih oleh Tsz Kwan Li dengan 22 poin dan Po Sze Wang 16 poin.

Kekalahan tersebut menjadi kenyataan pahit bagi Hong Kong, yang kini telah menelan dua kekalahan dan harus meraih kemenangan di dua laga sisa jika ingin berkesempatan lolos ke fase gugur.

Hong Kong akan menghadapi Thailand pada Minggu (19/8), sebelum meladeni tim kuat China di laga pamungkas empat hari berselang.

Sebaliknya, Mongolia mengawali langkah mereka di fase penyisihan Grup Y dengan positif sebagai bekal menghadapi tiga laga berikutnya, yakni melawan Jepang pada Minggu (19/8), China pada Senin (20/8) dan Thailand pada Kamis (23/8).

Baca juga: Bayar kekalahan laga pertama, basket putri Kazakhstan bekuk India 79-61

Murat, Battogtokh dan Bayasgalan merupakan tiga dari sekawan pemula pilihan Pelatih Mongolia Bayartsogt Odonbaatar untuk mengawali pertandingan bersama Khulan Alimaa serta Bayanjargal Dashnyam.

Sementara di kubu Hong Kong, Pelatih Kin Ho Koon menurunkan sekawan pemula berkomposisikan Yan Ling Wong, Ki Ki Wong, Ting Cheuk, Pik Yi Lam serta Ka Yee Wong.

Mongolia sudah mengindikasikan laga akan menjelma menjadi kontes adu jitu tripoin, ketika mereka mengungguli Hong Kong 6-0 lewat tembakan tripoin Bayasgalan dan Murat pada semenit pertama jalannya pertandingan.

Hong Kong baru bisa membalas lewat lay up Pik Yi Lam di sisa waktu 7 menit 19 detik kuarter pertama untuk mengubah kedudukan menjadi 2-8, namun Mongolia melesat demi menutup kuarter pertama dengan keunggulan 22-12 atas lawannya.

Baca juga: Hantam Jepang, basket putri China puncaki Grup Y

Upaya Hong Kong memangkas jarak tak banyak berarti di kuarter kedua, lantaran Mongolia selalu mempunyai jawaban atas serangan-serangan yang dilancarkan lawannya. Sebanyak 25 poin yang diraih menjadi modal Mongolia untuk menjaga keunggulan 47-38 kala menyudahi paruh pertama pertandingan.

Di kuarter ketiga, giliran Hong Kong yang sedikit melejit bahkan menyamakan kedudukan 58-58 di sisa waktu 2 menit 48 detik ketika Po Sze Wong melesakkan tembakan dua angka.

Namun Mongolia tak membiarkan Hong Kong merebut keunggulan, yang akhirnya tetap mereka pegang dalam skor 64-60 kala kuarter ketiga usai.

Hong Kong kembali menyamakan kedudukan 64-64 di awal kuarter pamungkas, namun berbekal enam tembakan tripoin Mongolia berhasil meraup 19 poin tambahan untuk memastikan kemenangan 83-79 atas sang lawan.

Baca juga: Lewat "overtime", Chinese Taipei bekuk Korea 87-85

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018