Jakarta (ANTARA News) - Jepang berhasil meredam barisan penembak jitu tripoin andalan Mongolia demi meraih kemenangan telak 107-35 dalam laga lanjutan penyisihan Grup Y bola basket putri Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu.

Jepang sukses menebalkan pertahanan mereka demi meredam barisan penembak jitu tripoin Mongolia hanya melesakkan 7 dari 34 kali percobaan tembakan tripoin yang dilepaskan sepanjang laga.

Angka itu jauh berkurang lebih dari separuh dibandingkan ketajaman tripoin Mongolia yang mencapai 15 kali keberhasilan pada saat mengalahkan Hong Kong di laga sebelumnya.

Tak hanya menebalkan barisan pertahanan, Jepang secara bersamaan sukses mendistribusikan kontribusi poin di antara seluruh pemainnya yang turun di laga itu, setidaknya mencetak dua poin tiap pemain.

Sang kapten Mio Shinozaki memimpin daftar pencetak angka dalam kemenangan Jepang dengan raihan 19 poin, diikuti Haruza Suzuki yang mencapai double-double lewat 13 poin dan 15 rebound, sedangkan Saki Hayashi dan Layla Takehara masing-masing turut menyumbangkan 14 dan 12 poin.

Baca juga: Bekuk India 84-61, Chinese Taipei satu kaki di fase gugur

Sebaliknya bagi Mongolia hanya Bulbul Murat jadi satu-satunya penembak jitu tripoin yang mencapai raihan angka dua digit yakni 16 poin, lewat keberhasilan menceploskan 5 dari 13 percobaan tembakan tripoin yang dilepaskannya.

Sedangkan Unurzaya Battogtokh yang di laga pertama tampil cukup garang mendadak jadi tumpul karena hanya berhasil sekali melepaskan tembakan tiga angka dari 10 percobaan, dan mengakhiri pertandingan dengan raihan lima poin.

Sejak awal laga, Jepang segera melejit mengungguli Mongolia 5-0 lewat tembakan tripoin Hayashi disusul lemparan dua poin Tamami Nakada.

Rapatnya pertahanan Jepang membuat Mongolia kesulitan melakukan percobaan tembakan yang tepat sasaran maupu  mengejar ketertinggalan. Kuarter pertama berakhir dengan keunggulan tegas Jepang 30-11 atas Mongolia.

Jepang terus menjauh dari kejaran Mongolia dengan memborong 34 poin tambahan di kuarter kedua, demi menyudahi paruh pertama pertandingan dalam keunggulan 64-19.

Tambahan 25 poin dan 18 poin di dua kuarter berikutnya memastikan kemenangan telak Jepang atas Mongolia dengan skor akhir 107-35.

Untuk laga selanjutnya, Mongolia bermain lebih dulu pada Senin (20/8) melawan China, sementara Jepang baru tampil sehari berselang menghadapi Thailand.

Baca juga: Jadwal bola basket hari ini, putri Indonesia buru kemenangan perdana

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018