Jakarta (ANTARA News) - Lifter putra Korea Utara Om Yun Chol yang turun pada kelas 56 kilogram di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang gagal memperbaiki dan melampaui rekor yang dia miliki.

Pada pertandingan cabang angkat besi di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Senin, pemegang empat rekor itu berusaha mengangkat barbel seberat 172 kilogram pada jenis angkatan clean and jerk.

Om Yun Chol yang mendapat dukungan seluruh penonton serta ofisial yang ada di arena tersebut pada jenis angkatan clean and jerk di kesempatan pertama berhasil dengan 160 kilogram, dan sudah aman untuk meraih medali emas karena totalnya terpaut tujuh angka dengan peringkat kedua lifter asal Vietnam Thach Kim Tuan.

Jika ia berhasil mengangkat barbel tersebut, maka akan memecahkan rekor Asian Games atas namanya sendiri dengan angkatan 171 kilogram. Begitu pula untuk rekor Asia, jika berhasil akan dilampauinya, meskipun rekor tersebut atas namanya sendiri.

Rekor dunia senior pun dipegangnya dengan angkatan seberat 171 kilogram, sedangkan total angkatan yang dia pegang di Asian Games yakni 298 kilogram akan terlampaui satu angka jika angkatan 172 kg itu berhasil.

Sejumlah penonton berharap lifter tersebut berhasil karena Indonesia akan tercatat sebagai lokasi pemecahan dan pelampauan rekor tersebut.

"Coba berhasil ya, kita ikut senang karena dipecahkan di Jakarta," kata Sumardi, warga yang menyaksikan pertandingan angkat besi.

Penonton lainnya, Sukmawati mengaku tegang ketika melihat lifter Korut tersebut ingin memecahkan rekornya.

"Saya ikut tegang karena jika berhasil Jakarta ikut bangga karena dipecahkan di sini," katanya.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018