Jakarta (ANTARA News) - Perenang China Liu Xiang mencetak rekor dunia baru untuk nomor 50 meter gaya punggung putri dalam final Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Dengan torehan waktu 26,98 detik, Liu berhasil mengalahkan rekor dunia sebelumnya 27,06 detik yang dicetak oleh Perenang China Zhao Jing pada Kejuaraan Dunia Akuatik 2009 Roma.

Perenang 21 tahun itu sebelumnya telah memenangi medali perunggu untuk nomor 50 meter gaya punggung putri dalam Kejuaraan Akuatik Dunia Fina 2015 Kazan.

Mengenakan pakaian training berwarna putih, Liu menerima medali emasnya sambil tersenyum. Emas kali ini adalah medali pertamanya pada Asian Games 2018.

Medali emas yang dimenangkan Liu menambah perolehan medali tim renang China yang sejauh ini sudah mengumpulkan sembilan emas, tujuh perak, serta tujuh perunggu.

Sementara medali perak diraih oleh perenang China Fu Yuanhui yang mencatatkan waktu 27,68 detik, dan medali perunggu oleh Natsumi Sakai dari Jepang dengan waktu 27,91 detik.

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018