"Setiap dua minggu sekali Pelni mengangkut sekitar 600 orang berwisata ke Karimun Jawa"
Jakarta (Antara NEWS) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) telah mengangkut 12.000 wisatawan ke Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah, terhitung akhir 2017 hingga Juli 2018.

Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L. Tobing pada audiensi dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, Selasa, mengatakan dampak kehadiran wisatawan ke Karimun Jawa telah mendongkrak perekonomian Karimun Jawa. 

"Setiap dua minggu sekali Pelni mengangkut sekitar  600 orang berwisata ke Karimun Jawa," kata Insan.

Kapal Pelni berangkat dari Semarang menuju Karimun Jawa setiap Jumat malam pukul 23.00 WIB, kemudian tiba pada Sabtu pagi tiba dan wisatawan langsung disajikan dengan wisata pantai, laut, dan daratan Karimun Jawa. 

Pada malam hari, wisatawan dapat menikmati hidangan ikan bakar. Destinasi ke Karimun Jawa ini, kata Insan, menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat di daerah tersebut, terutama bagi nelayan serta pelaku usaha kuliner dan kerajinan.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Karimun Jawa, Pelni telah menjalin kerja sama dengan operator transportasi udara, yaitu Garuda Indonesia dan Citilink, serta transportasi kereta api dengan PT KAI. 

"Kami sudah menjual paket bersama Pelni-Garuda-Citilink, dan KAI," ujarnya.

Wisata Bahari ke Karimun Jawa secara reguler dilakukan menggunakan KM Kelimutu. Kapal ini merupakan kapal penumpang tipe 1.000 pax yang dijadikan Kapal Wisata Heritage dengan kapasitas kamar kelas 1 sebanyak 14 tempat tidur, kelas dua 40  tempat tidur, dan kelas ekonomi untuk 950 orang. 

"Kapasitas KM Kelimutu dapat memuat 1.000 orang. Saat ini terisi rata-rata 600 orang setiap trip pelayaran ke Karimun Jawa," tambah Direktur Usaha Angkutan Penumpang dan Perintis, OM. Sodikin.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung upaya PELNI menyelenggarakan Wisata Bahari. Menurut Arief Yahya, destinasi Wisata Bahari ini diharapkan dapat menambah tujuan pariwisata di Indonesia, sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. 

Baca juga: Pelni berikan fasilitas WiFi gratis di kapal
Baca juga: Ketika wisatawan di Karimunjawa diterpa krisis BBM

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018