Jakarta (ANTARA News) - Tim renang China memenangkan medali emas sekaligus memecahkan rekor 4x200 meter gaya bebas estafet putri dalam Asian Games 2018.

Bingjie Li, Jianjiahe Wang, Yuhan Zhang, dan Junxuan Yang berhasil mencetak rekor tujuh menit 48,61 detik dan melampaui rekor lama tujuh menit 51,81 detik yang diciptakan tim putri China pada Asian Games 2010 Guangzhou.

Keempatnya mewakili China menerima medali emas usai final nomor 4x200 meter gaya bebas estafet putri di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Selasa malam.

Sementara medali perak dimenangkan oleh tim Jepang dengan waktu tujuh menit 53,83 detik.

Kontingen China dan Jepang masih memimpin perolehan medali renang pada hari ketiga Asian Games tahun ini.

Perenang China Liu Xiang memenangkan medali emas sekaligus mencetak rekor dunia baru untuk nomor 50 meter gaya punggung putri dengan waktu 26,98 detik.

Kepada wartawan, Liu mengatakan bahwa capaian tersebut di luar ekspektasinya karena selama ini dia hanya ingin fokus untuk memberikan performa terbaik.

Baca juga: Perenang China Liu Xiang cetak rekor dunia baru

Sementara pemegang tiga medali emas Olimpiade, Sun Yang, mendapatkan emas ketiganya pada nomor 400 meter gaya bebas putra dengan catatan waktu 42,92 detik.

Atlet China berusia 26 tahun itu sebelumnya telah menyumbang dua emas pada nomor 200 meter gaya bebas putra dan 800 meter gaya bebas putra.

Baca juga: Sun Yang peroleh emas ketiga renang

Final nomor 50 meter gaya bebas putra dimenangkan oleh Yu Hexin, perenang China yang meraih dua emas pada Asian Games 2014 Incheon.

Yu berhasil mencatatkan waktu 22,11 detik, mengungguli Katsumi Nakamura dan Shunichi Nakao dari Jepang.

Perolehan emas para atlet tersebut semakin memperkuat posisi China pada cabang renang dengan total 11 emas, delapan perak, dan delapan perunggu sampai saat ini.

Jepang berada di urutan kedua dengan total 10 emas, 12 perak, dan enam perunggu.

Satu emas Jepang dipersembahkan oleh Yui Ohashi yang menjuarai nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri dengan catatan waktu empat menit 34,58 detik pada final hari ini.

Sementara dua emas lainnya disumbang oleh Yasuhiro Koseki yang unggul pada final nomor 200 meter gaya dada putra dengan waktu dua menit 07,81 detik dan Rikako Ikee yang berada di peringkat pertama final nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri.

Dengan torehan waktu 56,30 detik, Ikee berhasil menciptakan rekor baru nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri yang sebelumnya diraih oleh perenang China Chen Xinyi yakni 56,61 detik pada Asian Games 2014 Incheon.

Baca juga: Perenang putri Jepang dominasi final

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018