Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial RI Agus Gumiwang yang baru dilantik Presiden Joko Widodo pada Jumat sore tiba di kantor Kementerian Sosial pada pukul 18.23 WIB untuk menghadiri acara serah terima jabatan. 

Agus mengenakan kemeja putih. Setibanya di Kementerian Sosial, Agus disambut dan bersalaman dengan sejumlah para pejabat Kementerian Sosial.

Agus langsung masuk ke ruang menteri yang di dalamnya Idrus Marham telah menunggu. Pertemuan itu tertutup untuk diliput media. 

Acara serah terima jabatan akan dilakukan Idrus Marham yang menjadi menteri sosial sebelumnya kepada menteri sosial yang baru dilantik, Agus Gumiwang. 

Idrus Marham dilantik sebagai Menteri Sosial pada 17 Januari 2018 menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang maju pada pemilihan gubernur Jawa Timur.

Tujuh bulan sejak menjabat menteri sosial, Idrus mengajukan pengunduran diri kepada presiden terkait surat pemberitahuan penyidikan terhadapnya berkenaan dengan perkara korupsi dalam proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga uap di Riau.

Kini, Idrus akan fokus pada kasus korupsi yang menjeratnya di Komisi Pemberantasan Korupsi. 

Idrus menyatakan permohonan pengunduran diri itu merupakan bentuk pertanggungjawaban moral kepada presiden RI dengan beberapa pertimbangan. 

Pertimbangan tersebut adalah untuk untuk menjaga kehormatan presiden yang selama ini dikenal sebagai pemimpin yang memiliki reputasi dan komitmen tinggi dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

Pertimbangan lain yakni agar penyidikan tersebut tidak menjadi beban bagi presiden dan mengganggu konsentrasi  kepala negara  dalam menjalankan tugas sehari-hari.

"Jadi kalau misal saya tersangka dan masih ini-itu kan tidak etis dan secara moral tidak bisa diterima," ujar Idrus.

Baca juga: Idrus Marham sampaikan surat pengunduran diri
Baca juga: Agus Gumiwang jadi Mensos gantikan Idrus Marham

Baca juga: Golkar yakini Agus Gumiwang mampu tuntaskan kerja Mensos
 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2018