Timnas Indonesia dijadwalkan bertemu Kazakhstan yang menempati peringkat pertama grup A, dan pertandingan digelar Kamis (30/8) di Stadion Aquatik, Senayan, Jakarta,"
Jakarta (ANTARA News) - Timnas polo air putra Indonesia memenuhi target awal cabang olahraga itu di Asian Games 2018 dengan lolos ke perempat final, setelah di pertandingan terakhir babak penyisihan mengalahkan Hong Kong dengan skor 11-8 di Stadion Aquatik, Senayan, Jakarta, Rabu.
    
Ridjkie Mulia menjadi pemain terproduktif dalam pertandingan itu dengan mencetak 5 gol, disusul Delvin Felliciano yang mencetak 2 gol, serta Zaenal Arifin, Reza Auditya Putra, Silvester Goldberg Manik dan M Hamid Firdaus yang masing-masing menyumbang satu gol.
    
Dalam laga itu Delvin Felliciano membuka keunggulan Indonesia di kuarter pertama yang membuat penonton di Stadion Aquatik bergemuruh, setelah pada menit awal laga berjalan cukup tegang.
    
Indonesia mampu menutup kuarter pertama dengan keunggulan 3-0, dan Delvin Felliciano, Ridjkie Mulia serta Silvester Goldberg Manik menjadi pemain yang mengawali kemenangan Indonesia di delapan menit awal.
    
Kuarter kedua, pertandingan mulai berjalan seimbang dan kedua tim sama-sama berani menyerang dengan lemparan jauh ke depan. Hong Kong dan Indonesia akhirnya mampu mencetak sama tiga gol, namun secara total unggul Indonesia dengan skor 6-3.
    
Memasuki kuarter ketiga, Indonesia menaikkan tempo serangan meski berjalan agak keras, namun hasilnya mampu unggul dengan skor 3-2, atau total skor menjadi 9-5.
    
Hong Kong unggul di kuarter keempat dengan skor 3-2, namun Wai Ho Yim dan kawan-kawan harus mengakui kemenangan Indonesia karena secara total tim asuhan Milos Sakovic masih unggul dengan skor 11-8.
    
"Kami mengapresiasi perjuangan pemain yang mampu lolos dan unggul dalam laga melawan Hong Kong. Tentunya, ini akan menjadi pelajaran untuk kesiapan tim ke depannya, khususnya untuk turnamen selanjutnya," kata Sakovic usai laga.
    
Salah satu pemain Timnas Indonesia, Ridjkie Mulia mengakui pada awal pertandingan sempat bermain bagus, namun di pertengahan sempat menurun karena para pemain sempat kehilangan konsentrasi.
    
"Untuk laga selanjutnya, kami akan berusaha maksimal dan memberikan yang terbaik agar bisa lolos ke fase selanjutnya," katanya.
    
Ridjkie mengatakan, setelah memenuhi target awal lolos ke babak perempat final, target selanjutnya adalah mampu menduduki peringkat kelima cabang olahraga polo air putra Asian Games 2018.
    
Sementara usai babak penyisihan, cabang olahraga polo air putra akan dilanjutkan ke babak perempat final dengan mempertemukan empat tim grup A, dan empat tim grup B untuk menentukan lolos ke semifinal Asian Games 2018.
    
Di babak perempat final, Timnas Indonesia dijadwalkan bertemu Kazakhstan yang menempati peringkat pertama grup A, dan pertandingan digelar Kamis (30/8) di Stadion Aquatik, Senayan, Jakarta.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018