Jakarta (ANTARA News) - China menempatkan tim putra dan putri ke partai final bola basket Asian Games 2018 selepas mengalahkan lawan masing-masing dalam rangkaian pertandingan semifinal di Istora Senayan, Jakarta, Kamis.

Tim putri China yang bermain lebih awal sukses mengulangi kemenangan di fase penyisihan Grup Y atas Jepang, meskipun dengan selisih skor lebih kecil yakni 86-74.

Kendati demikian, kemenangan itu cukup untuk memesan satu tiket di partai final putri menghadapi Korea Bersatu.

Di laga yang berlangsung lebih awal, Korea sukses membalaskan kekalahan yang mereka alami di fase penyisihan Grup X, dan meraih kemenangan 89-66 atas Chinese Taipei, didukung penampilan penggawa mereka yang kini melantai di Liga Bola Basket Wanita Amerika Serikat (WNBA) Las Vegas Aces, Park Ji-su.

Sementara itu, tim putra China sukses menghentikan perlawanan Chinese Taipei dan meraih kemenangan 86-63 berkat penampilan nyaris sempurna dari Zhou Qi.

Pebasket yang saat ini membela tim Liga Bola Basket Amerika Serikat (NBA) Houston Rockets itu meraih double-double 22 poin, 16 rebound dan 3 blok tanpa sekalipun terkena foul sepanjang laga.

Di partai final putra, China akan meladeni Iran yang baru saja menuntaskan dendam kekalahan mereka dari Korea Selatan empat tahun silam dengan merengkuh kemenangan 80-68.

Iran, yang kalah 77-79 pada Asian Games 2014 dari tuan rumah Korsel, sukses meredam barisan penembak tripoin tim Negeri Ginseng itu sembari membatasi ruang gerak pemain naturalisasi kelahiran AS, Ricardo Ratliffe, di bawah keranjang berkat penjagaan ketat dari veteran NBA, Hamed Ehdadi.

Sementara tim-tim pemenang melakoni partai final untuk medali emas di Istora Senayan pada Sabtu (1/9), dalam pertandingan yang lebih awal para tim yang kalah akan bertemu memperebutkan medali perunggu, yakni Taipei menghadapi Jepang di nomor putri dan Korsel melawan Taipei di sektor putra.

Berikut hasil lengkap rangkaian pertandingan semifinal bola basket Asian Games 2018 yang berlangsung Kamis.

(Putri) Chinese Taipei 66 - Korea Bersatu 89 (Baca juga: Park Ji-su tiba, Korea ke final basket putri)
(Putri) Jepang 74 - China 86 (Baca juga: Lewati Jepang, China tantang Korea di final basket putri)
(Putra) Korea Selatan 68 - Iran 80 (Baca juga: Iran singkirkan Korsel demi capai final basket putra)
(Putra) Chinese Taipei 63 - China 86 (Baca juga: Zhou Qi sempurna, China ke final basket putra)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018