counter

Metropolitan

Petugas normalisasi saluran Jalan Inspeksi Kali Ciliwung

Petugas normalisasi saluran Jalan Inspeksi Kali Ciliwung

Pemasangan Turap Bukit Duri Pekerja menyelesaikan pemasangan turap untuk normalisasi kali Ciliwung di kawasan Bukit Duri, Jakarta, Senin (7/8/2017). Proyek normalisasi tengah memasuki tahap pemasangan 'sheet pile' atau turap untuk mengembalikan lebar sungai Ciliwung ke kondisi normal yaitu 35-50 meter. (ANTARA /M Agung Rajasa)

Jakarta (ANTARA News) - Satuan Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat menormalisasi saluran untuk mengatasi genangan di Jalan Inspeksi Kali Ciliwung Senen Jakarta Pusat.

Baca juga: Pembebasan lahan kendala normalisasi Kali Ciliwung

Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Sudin SDA, Boris Karlop Lumbangaol mengatakan panjang saluran yang dinormalisasi mencapai 80 m dan lebar 80 cm dengan kedalaman 150 cm yang sudah dilakukan sejak 15 Agustus dan ditargetkan rampung pada akhir September mendatang.

Baca juga: Pemerintah akan relokasi 50 ribu warga bantaran Ciliwung

"Usulan normalisasi saluran tersebut merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2018. Ada 12 satgas yang diterjunkan dalam mengerjakan pembuatan plat baru dan perbaikan turap saluran air," ujar Boris Karlop Lumbangaol di Jakarta, Senin.

Sementara itu, Lurah Kenari Triana Eka Dewi membenarkan, pengerjaan saluran tersebut merupakan usulan Musrenbang.

Baca juga: Hak sungai harus dikembalikan pasca normalisasi

"Pengerjaan saluran di Jalan Inspeksi Kali Ciliwung RW 09 adalah tindak lanjut dari Musrenbang karena kondisi saluran air sudah lama sekali tidak pernah disentuh," jelas Triana Eka Dewi .

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Normalisasi embung Taman Arum, hektaran areal persawahan gagal panen

Komentar