Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan bangga karena ternyata ada seribu organisasi perempuan di Indonesia.
     "Saya semula sangsi apakah benar ada seribu, ini seribu perempuan atau seribu organisasi perempuan, ternyata saya dapat konfirmasi, ada seribu organisasi perempuan di Indonesia, saya bangga," katanya yang disambut tepuk tangan hadirin saat memberikan sambutan pada pembukaan Sidang Umum ke-35 International Council of Women dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta, Kamis.
     Pada acara itu, pihak Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Kowani atas pertemuan itu yang dihadiri oleh organisasi perempuan terbanyak yang mencapai seribu organisasi perempuan.
     Rini Soemarno juga mendapatkan penghargaan sebagai tokoh perempuan.
      Rini menegaskan kedua acara yang diselenggarakan secara berbarengan itu tidak akan menghasilkan apa-apa bila tidak mampu memberdayakan perempuan.
      Ia menyatakan bahwa pemerintah Indonesia sangat memperhatikan soal pemberdayaan perempuan di berbagai bidang.
      Rini menyebutkan delapan dari 34 menteri adalah perempuan, 92 perempuan merupakan kepala daerah, dan masih banyak lagi perempuan yang duduk di jajaran pimpinan di kementerian dan lembaga.
     Begitu pula di BUMN, banyak perempuan telah duduk di jajaran direksi dan komisaris atau dewan pengawas.
     Perempuan yang duduk dalam jajaran direksi, antara lain, Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati, Dirut PT Jasa Marga Dessi Aryani, Dirut PT ASDP Indonesia Ira Puspadewi, Presdir PT Sarana Multi-Infrastruktur Emma Sri Martini, Direktur Consumer Service PT Telkom Siti Choiriana.
      Ada pula Direktur Hubungan Kelembagaan PT Bank Mandiri Alexandra Iskandar, Direktur Bisnis Ritel PT BNI 46 Tambok PS Simanjuntak, Direktur Hubungan Kelembagaan PT BNI 46 Adi Sulistyowati, Direktur Konsumer PT BRI Handayani, Direktur Human Capital PT BRI R Sophia Alizsa.
      Selain itu Direktur Perencanaan Korporat PT PLN Syofvi Felienty Roekman,  
Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli, Direktur Keuangan, MSDM, dan Umum Perum LKBN Antara Nina Kurnia Dewi.
      "Kita punya kekuatan untuk mendorong negara ini menjadi lebih kuat dan maju lagi," katanya.
      Ia mengatakan perempuan harus saling bekerja sama untuk bahu membahu mengatasi berbagai persoalan oerempuan dan membangun bangsa.
         Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia diselenggarakan oleh ICW, Kowani (Kongres Wanita Indonesia), dan didukung penuh oleh Kementerian BUMN dan 35 BUMN, termasuk Perum LKBN  Antara, yang berpartisipasi langsung menyukseskan dua pertemuan tersebut.
     "Ini pertama kali Kowani mengadakan acara yang dihadiri oleh seribu organisasi perempuan di Indonesia," kata Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo.
     Giwo dalam sambutannya juga mengutip pernyataan mantan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kofi Anan yang menyebutkan saat anda mendidik seorang pria maka itu untuk personal tetapi saat anda mendidik perempuan maka anda sedang mendidik sebuah bangsa.
      Hadir pula pada acara itu Duta Besar Republik Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Lyudmila  Vorobieva, Duta Besar Republik Islam Afghanistan Roya Rahmani,  dan Dubes Republik Fiji Seleina Dikawakawayali Veisamasama.
 

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2018