Akses pantai barat Sumatera putus total

Akses pantai barat Sumatera putus total

Arsip Foto - Pengendara sepeda motor melintasi jalan lintas Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Nagan Raya yang terancam putus di Kawasan Gunung Singah Mata, Nagan Raya, Aceh, Selasa (20/2/2018). Jalan lintas penghubung antara Kabupaten tersebut terancam putus akibat sisi tebing gunung longsor karena pengaruh tingginya intesitas hujan sejak sebulan terakhir sehingga dapat mengancam keselamatan pengendara yang melintas. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Sekarang alat berat tengah bekerja mengangkut seluruh material longsor agar arus transportasi bisa lancar kembali,
Tapanuli Selatan, Sumut (ANTARA News) - Akses jalan nasional lintas Pantai Barat yang menghubungkan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan - Mandailing Natal, Sumatera Utara putus total akibat tebing sepanjang lebih kurang 80 meter amblas hingga menutupi badan jalan.

Salah seotang warga setempat, M.Thohir Parlindungan yang dihubungi dari Sipirok, Minggu, mengatakan, lokasi kejadian itu berada tepat di Desa Bahung Napa, Lingkungan VI, Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Tapanuli Selatan.

Selain menimpa badan jalan, material longsoran tebing juga mengakibatkan dua rumah penduduk milik warga bernama Zultanus Mendofa dan Yulius Zendato mengalami rusak parah.

"Bencana longsor yang diketahui terjadi pukul 13.30 WIB ini tidak ada menelan korban jiwa, hanya saja kerugian dua rumah rusak parah itu ditaksir mencapai puluhan juta rupaih," jelasnya.

Pada pukul 14.00 WIB alat berat telah diturunkan untuk mengevakuasi seluruh material tanah bercampur bebatuan dan pepohonan yang berada di badan jalan tersebut.

"Sekarang alat berat tengah bekerja mengangkut seluruh material longsor agar arus transportasi bisa lancar kembali," ujarnya.

Dia juga menyebutkan bencana longsor yang diakibatkan tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir di daerah itu sudah dilaporkan kepada Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu.

"Kita sudah melaporkan kejadian ini kepada bupati," katanya seraya menambahkan alat berat masih terus bekerja keras memindahkan material longsoran guna mengantisipasi kemacetan dua arah di jalan nasional tersebut.

Baca juga: Polisi evakuasi warga akibat longsor Bogor
Baca juga: Tebing 15 meter longsor di Magetan, dua rumah rusak
Baca juga: Tebing longsor tutup akses jalan di Banjarnegara

Pewarta:
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar