hujan di lokasi yang terbakar sangat membantu proses pemadaman
Cirebon, Jabar (ANTARA News) - Hujan yang mengguyur kawasan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ikut membantu memadamkan api yang membakar hutan Gunung Ciremai yang terjadi sejak Selasa (18/9) siang.

"Pagi tadi turun hujan di lokasi yang terbakar dan ini tentu sangat membantu proses pemadaman," kata Humas Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Agus Yudantara di Kuningan, Rabu.

Menurut dia, hujan yang terjadi cukup deras itu membuat api yang membakar kawasan hutan Gunung Ciremai cepat padam.

Selain itu, juga ada peran para sukarelawan yang berupaya untuk memadamkan api, meskipun dengan alat seadanya, seperti menggunakan jet shooter, cangkul, golok, garu dan membuat sekat belukar.

"Peristiwa kebakaran di kawasan TNGC tersebut diketahui oleh masyarakat sekitar pada Selasa (18/9) siang sekitar pukul 12.30 WIB," ujarnya.

Kebakaran yang melanda kawasan hutan TNGC, saat ini sudah berhasil dipadamkan. "Pukul 17.00 WIB api sudah padam dan titik kepulan asap sudah tidak ada," katanya.

Kebakaran itu, kata Agus, menghanguskan kurang lebih sekitar 94,2 hektare kawasan hutan TNGC yang berupa semak belukar dan alang-alang.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran pihak TNGC kata Agus, selalu patroli darat gabungan baik berjalan kaki maupun motor.

"Kami juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat berbatasan dan para pendaki," tuturnya.

Baca juga: Gunung Ciremai kembali terbakar

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018