Kementerian PPPA dan Pemkab Jember berencana dirikan sekolah perempuan

Kementerian PPPA dan Pemkab Jember berencana dirikan sekolah perempuan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise. (ANTARA/Dewanto Samodro)

Jember (ANTARA News) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur, berencana mendirikan sekolah perempuan di daerah tersebut.

"Dari sisi perlindungan perempuan, Kementerian PPPA sudah mendirikan sekolah perempuan di Provinsi Papua yang didampingi oleh Kementerian PPPA dan rencananya akan mendirikan sekolah perempuan lagi di Pulau Jawa," kata Menteri PPPA Yohana Yembise usai menghadiri Festival Egrang di Jember, Sabtu.

Saat berbincang dengan Bupati Jember Faida, lanjut dia, bupati perempuan pertama di Jember itu bersedia untuk mendirikan sekolah perempuan di daerah setempat, sehingga ke depan akan ditindaklanjuti untuk merealisasikan hal itu.

"Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan membuat nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Jember untuk mendirikan sekolah perempuan yang akan memberi pendidikan dan pengetahuan kepada perempuan dari berbagai usia, secara gratis dan bebas," tuturnya.

Ia menjelaskan perempuan dapat mempelajari berbagai ilmu dan keterampilan di bidang apapun sesuai kemampuan dan kebutuhan, seperti pendidikan memasak, membuat kerajinan tangan, menjahit, ilmu kecantikan, seperti salon, yang semuanya disesuaikan dengan kearifan lokal di Kabupaten Jember.

"Dalam MoU nanti akan dilihat tanggung jawab masing-masing dalam mendirikan sekolah perempuan di Jember, yakni Kementerian PPPA dan Pemkab Jember akan bertanggung jawab dalam hal apa saja," ujarnya.

Bupati Jember Faida menyambut baik rencana pembentukan sekolah perempuan di Kabupaten Jember untuk memberdayakan dan memberikan pendidikan kepada kaum perempuan dari berbagai usia. Dirinya berharap ini menjadi wadah perempuan untuk saling belajar dan  meningkatkan sumber daya manusia perempuan di Jember.

Baca juga: Kementerian PPPA dirikan sekolah perempuan cegah perdagangan orang

Baca juga: Megan Markle alumnus paling kesohor sekolah khusus perempuan ini

 

Pewarta:
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar