Kategori perlombaan yang sudah ada sekarang akan tetap dipertahankan. Tapi, kami pertimbangkan penambahan kategori lain. Itu tentu menambah jumlah hadiah yang kami sediakan yang belum tentu semuanya berupa uang tunai
Pandeglang (ANTARA News) - Panitia penyelenggara Rhino Cross Triathlon menyebut akan kembali menggelar perlombaan cabang olahraga triatlon lintas alam itu pada 2019 menyusul peningkatan minat peserta pada penyelenggaraan 2018.

"Kategori perlombaan yang sudah ada sekarang akan tetap dipertahankan. Tapi, kami pertimbangkan penambahan kategori lain. Itu tentu menambah jumlah hadiah yang kami sediakan yang belum tentu semuanya berupa uang tunai," kata Direktur Pengelola PT Banten West Java Rully Lasahido sebagai penyelenggara Rhino Cross Country di Pandeglang, Minggu.

Perlombaan yang berlangsung di kawasan wisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten itu, menurut Rully, masih mungkin menambah kategori kelas usia sebagai upaya untuk edukasi cabang olahraga yang menggabungkan renang, bersepeda, dan lari itu.

"Kami juga akan menambah seri-seri perlombaannya serta menggandeng komunitas-komunitas triatlon," ujarnya.

Rully mengatakan perlombaan Rhino Cross Triathlon pada tahun ketiga mendatang juga akan mempertimbangkan waktu penyelenggaraan agar tidak bersamaan dengan SEA Games 2019 di Filipina dan lomba-lomba triatlon lain di Singapura ataupun di Shanghai.

"Hal yang perlu kamu tingkatkan adalah kerja sama dengan para pemangku kepentingan pariwisata dan masyarakat sekitar. Kami akan tingkatkan lagi kerjasama dengan masyarakat lokal yang menjadi penjaga lintasan atau marshall," katanya tentang evaluasi perlombaan Rhino Triatlon dan Balap Sepeda Gunung pada 2018.

Perlombaan triatlon ataupun balap sepeda gunung lintas alam Rhino pada 2019, lanjut Rully, juga akan memperbanyak rambu-rambu lomba sehingga memudahkan peserta untuk tetap para lintasan lomba.

Rully menambahkan penyelenggaraan perlombaan-perlombaan triatlon di Indonesia seperti Rhino Cross Triathlon dapat mendukung pembinaan atlet-atlet triatlon nasional

"Penyelenggaraan lomba yang banyak dengan kategori yang juga banyak saya kira dapat menjadi bagian dari pembinaan nasional meskipun penyelenggaraan seperti ini masih terus berproses," katanya.

Rhino Cross Triathlon 2018 melombakan tiga kategori triatlon yaitu kategori Bulls yaitu renang 500 meter, bersepeda 10 kilometer, dan lari lima kilometer. Kedua, kategori Rhino dengan renang berjarak satu kilometer, bersepeda 20 kilometer, dan lari 10 kilometer.

Terakhir, kategori Eagle dengan jarak berenang 1,5 kilometer, bersepeda 30 kilometer, dan lari 15 kilometer. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018