Minahasa, Sulawesi Utara (ANTARA News) - Bupati Minahasa Royke Roring meminta warganya menjauhi Gunung Soputan, yang pada Rabu (3/10) meletus dan hingga Kamis pagi masih erupsi.

"Saya minta jangan ada warga yang mendekati atau melakukan pendakian di Gunung Soputan selama erupsi," katanya di Tondano, Kamis.

Dia menjelaskan Gunung Soputan dalam status Siaga, dan masih berpotensi mengalami erupsi, karenanya menyarankan warga menghindari berkegiatan di area yang sudah ditetapkan masuk dalam zona bahaya selama aktivitas vulkanik gunung api itu meningkat.

Royke juga menyarankan warga daerah yang terdampak abu erupsi tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak perlu untuk menghindari dampak hujan abu.

"Masyarakat yang daerah terkena hujan abu diminta untuk tidak keluar rumah karena partikel debu vulkanik ini berbahaya bagi kesehatan," katanya.

Ia mengatakan instansi pemerintah daerah terkait sudah melakukan upaya untuk mengantisipasi dampak letusan Gunung Soputan, termasuk membagikan masker kepada warga di desa-desa yang terdampak hujan abu.

Di Kabupaten Minahasa, hujan abu akibat letusan Gunung Soputan terjadi di Kecamatan Kawangkoan Barat.

Baca juga: Gunung Soputan masih erupsi hingga pagi ini
Baca juga: Luncuran lava Gunung Soputan mencapai 2.500 meter
 

Pewarta: Arthur Ignasius Karinda
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018