Depok, 4/10 (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) siap menerima mahasiswa Universitas Tadulako di Palu, Sulawesi Tengah, yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami untuk berkuliah sementara atau sit in di seluruh Fakultas yang ada di UI.

"Mahasiswa Universitas Tadulako Palu yang tengah kembali ke daerah asalnya di Jakarta dipersilakan melaporkan diri ke Direktorat Pendidikan UI di Gedung Pusat Administrasi UI kampus Depok," kata Rektor UI Prof Muhammad Anis di Depok, Kamis.

Adapun Fakultas yang tersedia di UI adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ekonomi dan Bisnis, Psikologi, Ilmu Administrasi, Teknik, Ilmu Komputer, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Program Vokasi (Diploma 3). Terkhusus untuk Fakultas Kedokteran, kelas sit in diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah masuk fase klinik.

"Duka yang dirasakan masyarakat Palu-Donggala dan wilayah lainnya, turut dirasakan pula oleh  sivitas akademika UI. Untuk itu, UI mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Kuliah Sementera atau `Sit in` yang diinisiasi oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI)," katanya.

Ia mengatakan mahasiswa Universitas Tadulako yang tengah kembali ke daerah asalnya di DKI Jakarta, Depok sekitarnya diperkenankan lapor diri ke UI agar dapat kembali mengikuti perkuliahan sesuai dengan jurusan yang diambil di universitas asal.

Rektor menegaskan bahwa UI berkomitmen untuk memberikan layanan birokrasi yang nyaman dan mudah mengingat para mahasiswa memiliki hak untuk memperoleh akses pendidikan.

"Dalam waktu dekat, UI juga akan menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) bagi 600 mahasiswa Universitas Tadulako dengan mata kuliah Hukum Kekayaan Intelektual," katanya.

Kegiatan perkuliahan di Universitas Tadulako harus dihentikan sementara karena tengah menjalani proses rekonstruksi bangunan dan operasional kampus.

 Baca juga: Pemerintah mendata mahasiswa korban gempa Palu-Donggala
Baca juga: Mahasiswa asal Palu dapat berkuliah sementara di 38 PTN

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018