Jakarta, 5/10 (Antara) - Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas saat upacara pembukaan Asian Para Games 2018 di Jakarta, Sabtu.

"Besok pagi (Sabtu) pukul 07.00 ruas jalan yang ada di sekitar GBK susah kami mulai lakukan penutupan," demikian Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Pol Slamet Hadi S dalam acara jumpa pers terkati penyelenggaraan Asian Para Games 2018 di Jakarta, Jumat.

Akan diberlakukan penutupan di ruas Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Jalan Gerbang Pemuda hingga ke Hotel Mulia.

Kemudian dari Hotel Mulia, sisi dalam Jalan Asia Afrika ditutup untuk umum hingga Jalan Pintu Satu Senayan, sekitaran Hotel Fairmount.

Sebanyak 7.913 personel keamanan akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya upacara pembukaan Asian Para Games 2018 di kompleks Gelora Bung Karno pada Sabtu malam.

Ketatnya pengamanan membuat penonton tidak diperbolehkan membawa kendaraan masuk ke kompleks GBK.

Bahkan atlet dan tamu VIP pun akan dijemput dari Para Village dan Hotel tempat mereka menginap dengan kendaraan yang disediakan Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 INAPGOC.

Akses masuk penonton ke GBK dibuka melalui gerbang 5, 6 dan 7. Sementara pintu 1 dibuka khusus bagi tamu VIP.

Direktur Transportasi INAPGOC Adrianto Djokosoetono mengimbau penonton yang memiliki kebutuhan khusus disarankan masuk melalui pintu 5 dan 6 karena panita penyelenggara akan menyediakan kendaraan untuk menjemput berupa mobil buggy dan becak motor, bagi penonton yang menggunakan kursi roda.

Sementara di pintu 7, panitia hanya menyediakan bus penjemput biasa.

Pintu 10 akan digunakan untuk pintu masuk atlet, ofisial, kontingen, dan delegasi, sedangkan awak media bisa masuk lewat pintu 11.

Baca juga: Tiga jenis medali Asian Para Games 2018 dibedakan dari bunyi
Baca juga: INAPGOC pastikan 512 pertandingan pada 18 cabang
Baca juga: PLN jamin pasokan listrik selama Asian Para Games

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018