Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan gambaran kondisi terkini mengenai wilayah terdampak bencana Sulawesi Tengah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara dari Kementerian ESDM, di Jakarta, Kamis, Wakil Menteri (Wamen) ESDM Arcandra Tahar, bertolak ke Palu memastikan pasokan listrik, BBM, LPG, dan kondisi kegeologian di wilayah terdampak bencana gempabumi, likuifaksi serta tsunami di Palu, Donggala, hingga Sigi, di Provinsi Sulawesi Tengah.

Wamen Arcandra menyampaikan bahwa saat ini 100 persen gardu induk dan seluruh penyulang (feeder) di Palu sebanyak 45 penyulang telah berhasil dipulihkan oleh tim gabungan PLN. "Daya mampu pembangkit juga sudah 101 MW, yang berasal dari 2 pembangkit" ujar Arcandra.

Arcandra menyebut, 66 genset telah disediakan membantu penerangan di Palu, Sigi dan Donggala dengan masing-masing kapasitas 5,5 kW. "Kami harapkan bisa segera pulih seperti semula, pasokan listrik 101 MW saat ini diharapkan akan menjadi 125 MW untuk menuju kondisi semula," lanjut Arcandra.

Sementara itu, disampaikan Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda, saat ini malam di Palu sudah terang. "Dilihat dari atas sudah terang kalau malam," ungkap Huda.

SPBU
Pada kunjungan ke Terminal BBM Donggala, Wamen Arcandra Tahar menyampaikan progress pendistribusian BBM di wilayah Palu dan sekitarnya. "SPBU yang operasi sudah 92 persen, 10 SPBU diantaranya bahkan beroperasi 24 jam. Ada 3 SPBU di Palu dan Sigi yang rusak, akan diperbaiki sesingkat-singkatnya hingga bisa pulih seperti sedia kala," jelas Arcandra.

Stok BBM hingga hari ini terpantau aman dan tidak ada antrian. "Stok solar 25 hari, avtur 22 hari, bensin 2 minggu lebih cukup untuk kebutuhan BBM di Palu, Donggala, Sigi" papar Arcandra.

Untuk penyediaan LPG, Pertamina mengambil kebijakan untuk agen LPG yang tidak menyalurkan LPG 3 kg, kini diperintahkan untuk menyalurkan LPG tabung 3 kg juga.

Untuk menambah jaminan pasokan LPG, juga dilakukan operasi pasar sebanyak 94 kali sejak 3 Oktober hingga hari ini. "Total operasi pasar LPG sudah 94 kali. Khusus hari ini sejumlah 31 titik operasi pasar LPG juga dilakukan di Palu, Donggala dan Sigi," jelas Arcandra.

Baca juga: SPBU Palu sudah ada yang buka 24 jam
Baca juga: Pertamina: 90 persen SPBU di Palu telah beroperasi kembali


 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2018