"The Ultimate Wedding Guide" bahas dua masalah utama persiapan pernikahan

"The Ultimate Wedding Guide" bahas dua masalah utama persiapan pernikahan

Penulis buku “The Ultimate Wedding Guide” Caroline Muliawan di Jakarta, Kamis (10/11/2018). (ANTARA News/Anggarini Paramita)

Jakarta (ANTARA News) - Berbekal pengalaman dari curahan hati para klien membawa Caroline Muliawan, Owner dari Dana Nikah dan Putri Arinda, Marketing Manager The Bride Dept, berkolaborasi membuat buku berjudul “The Ultimate Wedding Guide”.

Buku tersebut merangkum permasalahan dan solusi bagi pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan.

“Ada dua masalah yang kerap dihadapi calon pasangan pengantin. Pertama, soal finansial. Kedua, masalah mertua. Dalam buku ini mengupas masalah dan memberikan solusi,” terang Putri saat berbincang dalam acara bedah buku “The Ultimate Wedding Guide” di Jakarta, Kamis.

Mengenai persiapan pernikahan, sambung Caroline, menikah itu dipersiapkan jauh-jauh hari.

Baca juga: Membicarakan budget pernikahan dapat meminimalisasi konflik dengan pasangan

“Usahakan mempersiapkan budget pernikahan selama minimal 6 bulan hingga 36 bulan. Diambil dari tabungan masing-masing pasangan sebanyak 30 persen selama 12 bulan, misalnya,” ujarnya.

Caroline mengingatkan agar biaya pernikahan itu tidak melebihi budget yang diperkirakan sebelumnya.

“Berangkat dari budget itu kita tahu ada uang berapa. Kalau memang mau pinjam uang itu sudah tahu bagaimana mengembalikannya. Sebisa mungkin tidak menjual aset,” tegasnya.

Berbicara mengenai mertua, lanjut Putri, dalam buku ini dibahas mengenai tipe-tipe mertua, mulai dari mertua perhatian, mata duitan, penurut, santai, pilih kasih, dingin, tukang rumpi, dan manja.

Baca juga: Jurus taklukkan calon mertua

“Resepnya itu harus sabar dan mengerti mereka yang lebih tua. Komunikasikan hal tersebut kepada calon suami,” pungkasnya.

Pewarta: Anggarini Paramita
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar