London (ANTARA News) - Pemerintah Slovakia memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah berupa 12 tenda multiguna berkapasitas besar senilai 13.896,00 euro.

Bantuan diserahkan Deputi PM dan Menteri Keuangan Republik Slovakia, Peter Ka'imer, yang sedang mengikuti pertemuan tahunan IMF dan World Bank di Nusa Dua, Bali pada pekan ini.

Kepala Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya Kedutaan Besar Indonesia di Bratislava, Lely Meiliani, Minggu, mengatakan, sertifikat simbolis bantuan diserahterimakan kepada Indonesia melalui Direktur Eropa II, Kementerian Luar Negeri, Hendra Halim, di bandara pada saat tiba di Indonesia.

Bantuan itu nantinya akan dikoordinasikan penyerahannya oleh Uni Eropa di Jakarta kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Ka'imer berharap bantuan yang diberikan dapat membantu mengurangi beban Pemerintah Indonesia dalam upaya penanganan korban bencana di Indonesia, terutama di Sulteng.

Duta Besar Indonesia untuk Slovakia, Adiyatwidi Adiwoso, menyatakan, sebelum delegasi berangkat ke Indonesia, pihak Slowakia telah menannyakan bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan.

"Saya sangat berterima kasih dengan respon Pemerintah Slowakia untuk membantu meringankan Indonesia dalam menghadapi musibah yang terjadi. Hal ini menunjukkan kedekatan hubungan bilateral Indonesia dan Slowakia dan sebagai tanda persahabatan Indonesia- Slowakia yang telah terjalin selama 25 tahun," kata dia. 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018