Kerja keras luar biasa dari para pemain. Kami berlaga dengan 10 orang selama lebih dari 30 menit dan bisa melewati dengan baik pertandingan penting ini
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional sepak bola U-19 Indonesia Indra Sjafri menyebut skuatnya menunjukkan kerja keras luar biasa ketika mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-0 di laga pamungkas Grup A Piala U-19 Asia 2018, Rabu.

Tiga poin itu membuat Indonesia berhasil melaju ke perempat final Piala U-19 Asia 2018.

"Kerja keras luar biasa dari para pemain. Kami berlaga dengan 10 orang selama lebih dari 30 menit dan bisa melewati dengan baik pertandingan penting ini," ujar Indra Sjafri usai pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kegemilangan di fase grup pun diyakini Indra dapat meningkatkan mentalitas bertanding skuatnya di fase delapan besar.

"Saya pikir kemenangan ini membuat pemain semakin termotivasi di perempat final," kata pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

Sementara terkait kartu merah yang diterima bek sekaligus kapten Nurhidayat Haji Haris di menit ke-53, Indra tidak mempermasalahkannya.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh Nurhidayat, bek klub Liga 1 Indonesia Bhayangkara FC, bukanlah kesalahan, melainkan sikap bak pahlawan.

"Dia menerima kartu merah karena berjuang untuk Indonesia. Semua pemain sudah berjuang, tidak ada pemain yang salah. Kalaupun salah, itu menjadi evaluasi untuk diperbaiki," tutur Indra.

Gol tunggal gelandang Witan Sulaeman pada menit ke-23 membawa tim nasional sepak bola U-19 Indonesia lolos ke perempat final Piala U-19 Asia 2018 usai menaklukkan Uni Emirat Arab dengan skor 1-0 di laga pamungkas Grup A, Rabu.

Indonesia lolos sebagai peringkat kedua Grup A, di bawah Qatar yang unggul agresivitas "head to head". Sebagai informasi, Qatar, UEA dan Indonesia sama-sama meraih poin enam di klasemen Grup A. Namun, Qatar memiliki jumlah gol terbanyak head to head atau ketika saling bertanding dengan ketiga tim berpoin identik tersebut dengan tujuh gol, sementara Indonesia membuat enam gol dan UEA dua gol.

Di perempat final, Indonesia akan menghadapi juara Grup B sekaligus kampiun Piala U-19 Asia tahun 2016, Jepang pada Minggu (28/10) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Baca juga: Taklukkan UEA 1-0, Indonesia melangkah ke perempat final
Baca juga: Indonesia sementara ungguli UEA 1-0 di babak pertama
Baca juga: Hanis Saghara Gantikan Rafli Mursalim Hadapi UEA


 
Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman (kiri) melakukan selebrasi usai mengalahkan mengalahkan Timnas Uni Emirat Arab dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10/2018). Indonesia berhasil melaju ke perempat final setelah menjadi "runner up" dengan menaklukkan Uni Emirat Arab 1-0.
(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama)

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018