Jakarta (ANTARA News) - Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, mencetak satu gol dan mengirimkan dua assist saat membantu Liverpool membungkam Cardiff City 4-1 dalam laga pekan ke-10 Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu.

Gol Salah itu dilengkapi dwigol Sadio Mane serta gol perdana Xherdan Shaqiri bersama Liverpool, sementara Cardiff membalas lewat Callum Paterson, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu sekaligus membawa tim besutan Juergen Klopp untuk memuncaki klasemen dengan raihan 26 poin, sedangkan Cardiff (5) tak beranjak dari peringkat 17.

Liverpool setidaknya akan berada di puncak klasemen selama dua hari, menantikan hasil dari pesaing sekaligus juara bertahan, Manchester City (23) yang baru melakoni laga pekan ke-28 pada Selasa (30/10) dini hari WIB, kala mereka melawat ke markas Tottenham Hotspur (21).

The Reds tak membutuhkan waktu lama untuk membuka keunggulan, tepat pada saat pertandingan memasuki menit ke-10, Salah berhasil mencetak gol memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang.

Berawal dari umpan silang Trent Alexander-Arnold, bola percobaan tembakan Mane dan Georginio Wijnaldum masih membentur kerumunan pemain di kotak penalti tim tamu. Bola bergulir ke kaki Salah yang dengan dingin menyarangkannya ke dalam gawang.

Tiga menit kemudian, Virgil van Dijk hampir menggandakan keunggulan Liverpool, namun bola tandukannya masih sempat ditepis oleh kiper Neil Etheridge sebelum membentur tiang gawang.

Keunggulan satu gol bagi Liverpool bertahan hingga babak pertama usai, sebelum kemudian Mane berhasil menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit 66.

Setelah bola dijegal oleh Bruno Ecuele, Mane tetap gigih mengejarnya ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan keras yang tak mampu dibendung Etheridge.

Tim tamu sempat memantik momentum kebangkitan ketika umpan silang David Hoillett membentur Van Dijk dan jatuh di ruang tembak Paterson, yang lepas dari kawalan Dejan Lovren, dan dengan mudah menyarangkan ke dalam gawang Liverpool.

Gol itu sekaligus gol pertama yang masuk ke gawang Liverpool di Anfield dalam kompetisi Liga Inggris sejak Februari 2018.

Akan tetapi, momentum kebangkitan Cardiff dipadamkan dengan dua gol dalam tiga menit yang dicetak oleh Liverpool pada menit 84 dan 87. Keduanya berasal dari satu pemain yang sama, Salah.

Pada menit 84, Salah mengirimkan umpan tarik ke tengah kotak penalti yang dikendalikan sejenak oleh Shaqiri sebelum diselesaikan dengan sepakan kaki kiri.

Lantas tiga menit kemudian giliran Mane yang menerima umpan matang Salah dan menyelesaikannya dengan sontekan melewati Etheridge yang meninggalkan sarangnya. Liverpool menang 4-1.

Baca juga: Salah dua gol, Liverpool bantai Red Star 4-0

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Alberto Moreno; Fabinho, Goerginio Wijnaldum; Adam Lallana (Xherdan Shaqiri), Roberto Firminho (James Milner), Sadio Mane; Mohamed Salah
Pelatih: Juergen Klopp

Cardiff City (4-4-1-1): Neil Etheridge; Bruno Ecuele, Sean Morrison, Souleymane Bamba, Joe Bennett; David Hoillett, Victor Camarasa, Aron Gunnarsson (Loic Damour), Josh Murphy (Kadeem Harris); Bobby Reid (Kenneth Zohore); Callum Paterson
Pelatih: Neil Warnock

Baca juga: Manajer Everton tidak berani berharap melawan United

Baca juga: Marcos Alonso teken kontrak baru bersama Chelsea

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018