LKTM kemaritiman di Makassar diikuti 16 kampus

LKTM kemaritiman di Makassar diikuti 16 kampus

Ekspedidi Pelayaran Akademis Sejumlah tim Korps Pencinta Alam (Korpala) Universitas Hasanuddin mengembangkan layaran perahu Sandeq pada Pelayaran Ekspedisi Akademis menuju Darwin, Australia, saat dilepas di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, Makassar, Sulsel, Selasa (11/10). Pelayaran Ekspedisi Akademis menggunakan perahu tradisional Mandar "Sandeq", menelusuri jejak warga Sulawesi menuju Australia dalam meneliti antropologi budaya maritim, yang akan menempuh pelayaran selama 40 hari. (FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)

Mari kita berkompetisi dengan sehat. Juara memang penting, dapat medali itu bagus, tapi jauh lebih penting ukhuwah dan silaturrahmi di antara sesama mahasiswa Indonesia
Makassar, (ANTARA News)- Sebanyak 16 kampus menghadiri kegiatan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) dan Festival Inovasi Teknologi Kemaritiman Tingkat Nasional 2018 yang bertema "Inovasi IPTEKS Kemaritiman di Era Revolusi Industri 4.0" di Universitas Hasanuddin, Makassar, 2-4 November 2018.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hassanuddin (Unhas) Prof Dr dr Andi Arsunan, M. Kes mengatakan di Makassar, Jumat, kegiatan ilmiah tahunan yang digagas dan diselenggarakan Unhas tersebut akan dijadikan agenda nasional oleh Kemenristekdikti.

"Mari kita berkompetisi dengan sehat. Juara memang penting, dapat medali itu bagus, tapi jauh lebih penting ukhuwah dan silaturrahmi di antara sesama mahasiswa Indonesia," katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas itu merupakan kebanggaan, sebab Unhas menjadi pionir dalam pelaksanaan lomba karya ilmiah di bidang kemaritiman.?

Kegiatan lomba karya ilmiah semacam ini penting karena menjadi ajang melatih kemampuan "hard skill" dan "soft skill".

Dia berharap, para peserta lomba dapat mengikuti kompetisi tersebut dengan baik.

LKTM kemaritiman merupakan ajang ilmiah yang telah digelar sejak tahun 2012, namun pada saat itu baru pada tingkat regional. Kegiatan ini menjadi ajang tingkat nasional pada 2015.
 
LKTM Kemaritiman 2018 kali ini dirangkaikan dengan festival inovasi teknologi kemaritiman yang ditandai dengan pameran poster hasil karya dan produk para peserta mahasiswa.

Kegiatan ini diikuti 44 tim mahasiswa yang terdiri atas 26 tim di bidang teknologi kemaritiman, 8 tim di bidang sosial ekonomi dan kebijakan, dan 10 tim bidang festival inovasi. Para peserta lomba LKTM berasal dari 16 perguruan tinggi, yakni:

Universitas Padang, Universitas Presiden, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Bosowa, Universitas Pendidikan Ganesa, dan Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Kemudian, Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya, Universitas Nusa Cendana Bali, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Jakarta,?dan Universitas Hasanuddin.

Baca juga: Unhas patenkan pasta gigi-obat kumur rumput laut
Baca juga: Pelindo 1 edukasi mahasiswa teknik industri tentang pelabuhan dan maritim

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar