Tol Pejagan-Pemalang beroperasi, Rini yakini roda ekonomi terpacu

Tol Pejagan-Pemalang beroperasi, Rini yakini roda ekonomi terpacu

Peresmian Jalan tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018), oleh Presiden Joko Widodo, didampingi Menteri BUMN Rini soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk, I Gusti Ngurah Putra. (ANTARA/HO/Kementerian BUMN)

Saya mengapresiasi upaya Waskita Karya menyelesaikan proyek tol Trans Jawa, khususnya pada pengerjaan Tol Pejagan-Pemalang dengan tepat waktu.
Jakarta, Antara News) - Jalan tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV di Tegal, Jawa Tengah resmi beroperasi pada Jumat, 9 November, usai diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Menteri BUMN Rini Soemarno turut mendampingi Presiden dalam peresmian Tol Pejagan-Pemalang. Ada pun seksi III jalan tol terdiri dari ruas Brebes Timur-Tegal sepanjang 10,4 kilometer dan Seksi 4 dengan ruas Tegal–Pemalang sepanjang 26,9 kilometer.

"Peresmian operasional seksi III dan IV hari ini melengkapi Jalan tol Pejagan-Pemalang seksi I dan II yang telah diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Juni 2016. Ini artinya keseluruhan jalan tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 kilometer telah beroperasi," kata Rini melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Menteri Rini mengapresiasi upaya Waskita Karya menyelesaikan proyek tol Trans Jawa, khususnya pada pengerjaan Tol Pejagan-Pemalang dengan tepat waktu. 

Menteri Rini meyakini terkoneksinya Pulau Jawa melalui jalan tol akan memberikan dampak bagi perekonomian. Pertama, biaya logistik yang lebih murah karena akses transportasi yang lebih cepat dan efisien.

Hal itu juga kemudian akan diikuti dengan terbukanya lapangan kerja serta menggerakan kegiatan perekonomian di daerah yang dilalui ruas tol Trans Jawa. 

"Saya selalu menekankan kepada BUMN agar turut aktif dalam menangkap dan memaksimalkan setiap dampak positif dari kehadiran jalan tol, sehingga memacu pertumbuhan roda perekonomian masyarakat setempat dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik berkat adanya jalan tol," ungkap Rini.

Direktur Utama Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra menambahkan, beroperasinya jalan tol yang merupakan bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa ini akan meningkatkan aksesibilitas di wilayah Jawa Tengah. 

"Tol ini juga akan mendorong pengembangan potensi ekonomi daerah yang pada akhirnya akan berpengaruh pada ekonomi nasional secara keseluruhannya," kata Putra. 

Sebagai informasi, Proyek Jalan Tol Pejagan- Pemalang seksi III & IV (ruas Brebes Timur-Pemalang) diperoleh Waskita pada tahun 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp3,782 triliun. Jalan Tol Pejagan-Pemalang seksi III & IV memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yakni GT Brebes Timur, GT Tegal, dan GT Pemalang.

Peresmian Tol Pejagan-Pemalang pada Jumat juga dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk, I Gusti Ngurah Putra.
***1***

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar