Jakarta (ANTARA News) - Anggun C Sasmi menyampaikan agar anak muda bangga menjadi dirinya sendiri dan menampilkan keunikan yang dimiliki. Hal tersebut akan membantu agar orang lain mengenali potensi yang dimiliki.

Ketika memutuskan untuk berkarir di luar negeri, Anggun tidak pernah berusaha untuk meniru seseorang, mulai dari gaya sampai cara berbicara. Pelantun "The Good Is Back" itu justru ingin memberi tahu bahwa ia berasal dari Indonesia.

"Apapun pekerjaannya, sekarang kita merasa dunia makin kecil. Buat saya yang penting konten isinya, dan sebisa mungkin jika ingin mendapatkan posisi di manapun, jadilah unik. Keunikan Anda itu ada di diri Anda sendiri, jangan mengcopy orang lain," jelas Anggun saat mengisi acara "Indonesian Womens Forum 2018" di Jakarta, Jumat.

"Keunikan aku mungkin karena aku orang Indonesia. Enggak banyak orang Indonesia atau Asia yang berkarir di Eropa dan Amerika. Saya enggak berusaha buat memodeli diri saya kayak mewarnai rambut dengan gaya apapun atau berbicara bahasa Inggris dengan aksen Amerika. Yang datang lagi ke Jakarta nyebut Jakarta jadi "jekardah". Pokoknya jangan pernah lupa dengan kekuatan diri yaitu diri kita sendiri," lanjutnya.

Meski berdomisili di Prancis, Anggun selalu mengajarkan sang anak, Kirana Cipta Montana tentang budaya Indonesia. Bahkan, Kirana juga fasih berbahasa Indonesia.

"Saya adalah contoh wanita pertama untuk anak saya, harus jadi role model dan budaya Indonesia dia tahu dari saya. Walaupun saya tinggal di Prancis, tapi dia fasih bahasa Indonesia. Jadi buat saya penting sekali mempunyai akar dari mana," ujar Anggun.

Baca juga: Alasan Anggun C Sasmi berkarir di luar negeri

Baca juga: Anggun akan tur keliling Italia awal tahun depan

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018