Lampung Timur (ANTARA News) - Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengatakan anggaran pelaksanaan Festival Way Kambas 2018 mencapai Rp1 miliar yang dialokasikan dari APBD Lampung Timur.

"Satu miliar rupiah untuk melaksanakan Festival Way Kambas 2018," ujar Chusnunia Chalim terkait pelaksanaan Festival Way Kambas 2018 telah dibuka di Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Jumat (9/11) dan rangkaian kegiatannya masih berlangsung hingga Sabtu dan Minggu (11/11) nanti.

Dia menyebutkan, uang Rp1 miliar tersebut untuk mendukung paket-paket acara berlangsung selama Festival Way Kambas.

Chusnunia Chalim juga menjelaskan APBD Lampung Timur yang diperuntukkan pembiayaan 101 festival wisata yang digelar sepanjang tahun 2018, untuk menggarap potensi pariwisata Lampung Timur.

Menurut dia, Pemkab Lampung Timur menggelar 101 festival wisata, yaitu sebanyak 30 festival kabupaten dan sisanya festival desa, untuk mengangkat kekayaan dan potensi lokal di desa.

"Tujuan festival desa untuk mengangkat kekayaan lokal desa, dengan kegiatan desa yang sudah ada kita bantu, kita bantu publikasinya, manajemennya, kegiatannya," ujarnya menjelaskan.

Tentang dana yang diberikan Pemkab Lampung Timur untuk membantu festival desa antara Rp5 juta hingga Rp10 juta setiap kali festival itu berlangsung.

Chusnunia menyatakan pula bahwa penjelasannya itu sebagai jawaban pertanyaan warganya tentang manfaat festival dan jumlah anggaran diperuntukkan kegiatan festival tersebut.

"Yang ingin saya sampaikan, dengan anggaran minim kita bisa memberikan yang terbaik untuk Lampung Timur, dan yang paling besar anggarannya untuk Festival Way Kambas," ujarnya lagi.
 

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2018