Penghijauan tersebut diharapkan tidak sekadar formalitas, melainkan setelah ditanam juga dirawat dengan baik sehingga tujuan akhir dari penanaman pohon juga bisa terwujud
Demak, Jateng, (ANTARA News) - Anggota TNI dari Komando Distrik Militer 0716/Demak bersama mahasiswa UIN Walisongo Semarang menanam 1.500 pohon penghijauan di Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, untuk mendukung program penghijauan yang dicanangkan pemerintah, Rabu.

Lokasi yang menjadi target penghijauan, yakni di Jalan Desa Jali, Kecamatan Bonang, Demak.

Menurut Camat Bonang Haris Wahyudi Ridwan penanaman pohon sangatlah penting karena mampu mengatasi pemanasan global serta bisa menjadikan kantong-kantong air di dalam tanah.

Hal itu, lanjut dia, sekaligus sebagai media serapan air untuk mencegah terjadinya banjir serta mampu membuat lingkungan terkesan semakin ramah dan indah.

Ia berharap penghijauan tersebut tidak sekadar formalitas, melainkan setelah ditanam juga dirawat dengan baik sehingga tujuan akhir dari penanaman pohon juga bisa terwujud.
 
Sementara itu, Bintara Tinggi Tata Usaha dan Urusan Dalam (Bati TUUD) Koramil 0716-02/ Bonang Kodim 0716/Demak Pelda Siswoyono memberikan apresiasi positif adanya Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jali karena keberadaan mereka sangat memberikan arti bagi perkembangan Pemerintahan Desa Jali beserta masyarakatnya.

Apalagi, lanjut dia, KKN merupakan implementasi dari program civitas akademika tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian masyarakat.

Sejumlah mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang telah menyelesaikan program KKN di sejumlah desa.

Dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat soal pentingnya penghijauan, mereka berinisiatif melakukan penghijauan di sepanjang jalan Desa Jali.

Peserta KKN UIN Walisongo Semarang Yunita mengakui pemerintah desa setempat sudah banyak memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa.

"Mudah-mudahan pengalaman selama KKN menjadi pengalaman berharga bagi kehidupan di masyarakat nantinya," ujarnya. 

Baca juga: Babinsa TNI, Mahasiswa dan Kelompok Masyarakat Dilatih Budidaya Ikan
Baca juga: Mahasiswa UBH tanam 1.000 pohon penghijauan
Baca juga: TNI reboisasi hutan kota

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018