counter

Pelindo edukasi generasi milenial dengan pengetahuan kemaritiman

Pelindo edukasi generasi milenial dengan pengetahuan kemaritiman

Direktur SDM dan Hukum IPC Rizal Ariansyah mengatakan IPC Mengajar merupakan salah satu program menyambut hari ulang tahun BUMN itu yang dilakukan oleh Jajaran Direksi IPC ke universitas-universitas untuk menyampaikan informasi terbaru tentang perkembangan maritim Indonesia khususnya di sektor kepelabuhanan. (Istimewa)

Kami ingin memberi nilai lebih kepada negeri ini melalui penyelenggaraan serangkaian kegiatan HUT IPC ke-26 pada 1 Desember mendatang dengan kegiatan ini
Jakarta (ANTARA News) - PT Pelabuhan Indonesia Persero  (Pelindo) atau Indonesia Port Corporation (IPC) II berupaya mengedukasi generasi milenial di kampus-kampus dengan berbagai pengetahuan kemaritiman Indonesia, logistik dan kepelabuhanan melalui Program IPC Mengajar.

Direktur SDM dan Hukum IPC II Rizal Ariansyah di Jakarta, Kamis, mengatakan IPC Mengajar merupakan salah satu program menyambut hari ulang tahun BUMN itu yang dilakukan oleh Jajaran Direksi IPC ke universitas-universitas untuk menyampaikan informasi terbaru tentang perkembangan maritim Indonesia khususnya di sektor kepelabuhanan.

"Kami ingin memberi nilai lebih kepada negeri ini melalui penyelenggaraan serangkaian kegiatan HUT IPC ke-26 pada 1 Desember mendatang dengan kegiatan ini," katanya.

Ia menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan generasi millennials dapat mengetahui fungsi strategis BUMN pelabuhan khususnya dalam menggerakkan roda perekonomian nasional.

Pihaknya ingin agar generasi muda paham upaya BUMN tersebut dalam rangka menurunkan disparitas harga yang diterjemahkan dengan perkuatan jalur logistik laut serta dalam hal perkuatan infrastruktur pelabuhan.

Salah satu yang telah digelar yakni program IPC Mengajar di Kampus Universitas Sriwijaya Palembang baru-baru ini. Antusiasme kurang lebih seribu mahasiswa juga staf pengajar yang berasal dari 10 fakultas terlihat memadati aula kampus tersebut.

Rizal sendiri yang terjun langsung untuk melakukan kegiatan sharing session yang bertujuan untuk berbagi ilmu dan pengalaman di dunia kepelabuhanan, logistik, dan maritim. Kegiatan itu ia harapkan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi generasi millennials.

Dalam kesempatan ini turut hadir Rektor Universitas Sriwijaya Prof Dr Ir H Anis Saggaff, MSCE, serta Direktur SDM dan Hukum yang didampingi oleh Urip Nurhayat Junior Chief Specialist SDM dan Hukum IPC, dan Andi Purwantoro Lakhar General Manager IPC Cabang Palembang.

“Direksi Mengajar merupakan keterlibatan IPC secara nyata dalam memajukan pendidikan di negeri ini dan mempersiapkan pemimpin masa depan. Kegiatan ini telah dilakukan secara berkelanjutan sejak lima tahun lalu,” ujar Rizal Ariansyah.

IPC tidak hanya berbagi ilmu dan pengalaman dunia kepelabuhanan, tetapi juga memberikan bantuan pendidikan sebagai Tanda Cinta IPC diberikan sebesar Rp50.000.000 yang didistribusikan kepada 25 orang mahasiswa dan bantuan sarana atau fasilitas pendidikan di Universitas Sriwijaya. 

“Indonesia dengan berbagai perkembangannya tentu memiliki tantangan yang semakin besar ke depannya. Sudah menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa untuk berkontribusi mendidik dan mencerdaskan generasi millennials  yang akan menjadi penerus bangsa. Kami akan terus menyulut optimisme dan mendorong potensi anak-anak Indonesia di berbagai pelosok negeri ini,” ujar Rizal Ariansyah.

Pelindo II atau IPC sebagai operator pelabuhan terbesar di Indonesia memiliki 12 cabang pelabuhan yang tersebar di wilayah bagian barat Indonesia, yakni Pelabuhan Tanjung Priok, Sunda Kelapa, Palembang, Pontianak, Teluk Bayur, Banten, Bengkulu, Panjang, Cirebon, Jambi, Pangkal Balam dan Tanjung Pandan.

Baca juga: BUMN Mengajar di STAIN SAS Bangka Belitung

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar