counter

Sepak Bola Dunia

Penalti larut amankan hasil imbang Venezuela dengan Jepang

Penalti larut amankan hasil imbang Venezuela dengan Jepang

Pemain Venezuela Yangel Herrera berusaha mengadang sepakan pemain Jepang Hiroki Sakai dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung pada Jumat (16/11/2018). (http://www.jfa.jp)

Jakarta (ANTARA News) - Penalti kapten Venzuela Tomas Rincon sembilan menit sebelum pertandingan usai mengamankan hasil imbang 1-1 dalam pertandingan persahabatan melawan Jepang di Oita pada Jumat, setelah Hiroki Sakai mencetak gol internasional perdananya untuk tuan rumah.

Seperti dilansir laman resmi JFA, Jepang menuju pertandingan ini dengan bekal tiga kemenangan dari tiga pertandingan di bawah asuhan pelatih baru Hajime Moriyasu, namun mereka tidak dapat mempertahankan catatan sempurna mereka ketika mereka meneruskan persiapan-persiapan mereka untuk Piala Asia di Uni Emirates Arab, yang dimulai pada 5 Januari.

Pada pertandingan babak pertama yang berlangsung menarik, di mana kedua tim terlihat ingin menyerang, peluang terbaik tim tamu didapat penyerang Newcastle United Solomon Rondon pada menit ke-11.

Rondon dapat menaklukkan kiper Jepang Daniel Schmidt melalui tembakannya, namun bek Takehiro Tomiyasu mampu mengejar dan menyapu bola keluar dari garis gawang.

Setelah Shoya Nakajima menyia-nyiakan dua peluang bagus untuk Jepang, ia menjadi pemberi assist lima menit sebelum turun minum ketika mereka memecah kebuntuan.

Tendangan bebasnya dapat disambar Sakai untuk mengemas gol melalui sepakan voli yang tidak dapat ditahan kiper Venezuela Rafael Romo.

Itu merupakan gol perdana bek Olympique Marseille itu dari 49 penampilannya untuk negaranya.

Timnas Jepang secara tradisional dibangun dari dasar pertahanan yang solid, namun di bawah asuhan Moriyasu justru serangan menjadi hal yang paling impresif.

Nakajima dan pemain Salzburg Takumi Minamino, yang telah mengemas empat gol dari enam penampilannya untuk Samurai Biru, menjadi sosok-sosok yang menebar teror di belakang penyerang tunggal Yuya Osako.

Namun, setelah Nakajima dan Osako ditarik pada pertengahan babak kedua, tempo permainan menurun dan Venezuela mampu mengembangkan permainan.

Mereka mendapat ganjaran untuk kegigihan mereka Sakai berubah dari pahlawan menjadi pesakitan, menjatuhkan pemain pengganti Luis Gonzalez untuk membuat tim tamu mendapat hadian penalti sepuluh menit sebelum laga usai.

Rincon dengan tenang mengeksekusi penalti, mengejutkan kiper debutan Schmidt.

Tedapat sedikit drama ketika kapten Jepang Maya Yoshida berpikir ia telah mengamankan kemenangan timnya melalui sundulan kepala pada fase akhir pertandingan, namun hal itu tidak disahkan sebagai gol karena offside.

Tim Jepang terlambat tiba di Oita Dome karena kemacetan parah menuju stadion, dan banyak kursi-kursi yang kosong saat sepak mula karena banyak penonton yang juga terhambat.

Pasukan Moriyasu masih memiliki satu pertandingan terakhir untuk mempersiapkan diri untuk Piala Asia, menghadapi Kyrgistan pada Selasa (20/11/2018).

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar