Jakarta (ANTARA News) - Alexander Zverev mencatatkan salah satu kemenangan paling signifikan sepanjang kariernya ketika ia menaklukkan Roger Federer untuk mencapai laga puncak ATP Finals, namun ia mendapat cemooh dari para penonton yang berada di O2 Arena pada Minggu dini hari WIB.

Seperti dilansir laman resmi kompetisi, petenis Jerman 21 tahun itu tampil gemilang dan meraih kemenangan 7-6, 7-6 atas juara enam kali tersebut di semifinal.

Namun, bukannya dapat merayakan kesuksesan untuk menjadi petenis Jerman pertama sejak Boris Becker pada 1996 yang mencapai final turnamen yang levelnya tidak begitu jauh dari Grand Slam, ia diolok-olok para penonton saat memberi pidato setelah pertandingan.

Dengan kondisi Zverev melakukan serve kedudukan 3-4 pada tiebreak set kedua, Federer bertahan di baseline saat melakukan reli ketika lawannya meneriakkan "tahan" dan menghentikan poin setelah salah seorang ballboy menjatuhkan bola di salah satu sudut lapangan.

Petenis Swiss itu terlihat terkejut, namun setelah wasit asal Brazil Carlos Bernardes melakukan pemeriksaan terhadap ballboy, poin itu dimainkan ulang.

Para penonton yang sebagian besar merupakan penggemar Federer jengkel, namun Zverev berupaya menenangkan diri dan melepaskan pukulan ace keras untuk menyamakan kedudukan menjadi 4-4.
 
Federer kemudian gagal saat berupaya melakukan pukulan voli dalam kedudukan 4-5, dan dua poin kemudian Zverev mengunci kemenangan ketika ia melepaskan pukulan voli backhand.

Sayangnya, bukannya menikmati kesuksesan karena menaklukkan juara Grand Slam sebanyak 20 kali itu di salah satu arena favoritnya, sang petenis muda justru harus meminta maaf untuk situasi yang bukan disebabkan kesalahannya.

"Saya ingin meminta maaf untuk situasi pada tiebreak," kata Zverev di lapangan. "Ball boy menjatuhkan bola dan menurut peraturan kami harus memainkan ulang poin."

"Saya meminta maaf kepada Roger di net dan ia berkata, "Tidak apa-apa, itu ada dalam peraturan."

Cemooh kembali ramai, memaksa pewawancara di lapangan Annabel Croft untuk menyuarakan pendapatnya.

"Saya tidak yakin mengapa Anda mencemooh, ia mengatakan kebenaran," ucapnya kepada para penonton "Ball boy bergerak melintasi lapangan dan menginterupsi permainan. Menurut saya Anda perlu sedikit lebih menghormati, itu adalah peraturan."

Duel seru

Klimaks yang kaos di laga ini membayang-bayangi apa yang menjadi duel seru di mana Federer mengupayakan tipu dayanya melawan kekuatan Zverev dari baseline.

Setelah 11 gim tanpa break point, Federerlah yang mendapatkan break point pertama.

Zverev melepaskan pukulan forehand melengkung melewati garis untuk membuat kedudukan menjadi 0-30 saat Federer melakukan serve, dan kemudian mendapatkan dua poin dan memenangi set ketika pukulan forehand sang unggulan kedua tidak maksimal.

Federer tidak mau menyerah tanpa memberikan perlawanan ketat dan pukulan backhand membuat ia mendapatkan break pada awal set kedua, namun Zverev dapat mengembalikannya.

Yel-yel "Ayo Roger, Ayo Roger" menggema di seantero arena, ketika tiebreak set kedua dimulai namun Zverev mampu mempertahankan ketenangannya untuk memenangi pertandingan.

Baca juga: Taklukkan Thiem, harapan Federer di ATP Finals masih terbuka

Baca juga: Djokovic tundukkan Zverev di ATP Finals

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018