Jakarta (ANTARA News) - Sejak meraih gelar sebagai Puteri Indonesia 2018 pada awal tahun ini, Sonia Fergina Citra sudah dipersiapkan untuk berkompetisi di ajang bergengsi dunia Miss Universe 2018.

"Sejak jadi Puteri Indonesia, hidup saya sangat berubah, seperti roller coaster," kata Sonia dalam bahasa Inggris, menunjukkan kemampuannya sebelum bertolak ke Thailand akhir bulan ini, saat jumpa pers di Jakarta, Jumat sore.

Sonia akan mengikuti karantina ajang kecantikan dunia itu mulai 29 November, sementara puncak pemilihan akan diadakan pada 16 Desember. Sonia akan berangkat ke Bangkok pada 28 November mendatang.

Sonia meneruskan estafet para puteri yang melaju ke ajang Miss Universe, mulai dari Indira Soediro, Puteri Indonesia pertama yang ikut Miss Universe 1992 di Meksiko, hingga Bunga Jelitha pada 2017 lalu.

Sonia akan membawa tema keberagaman dalam ajang ini, berdasarkan pengalamannya dibesarkan dari keluarga yang memiliki keyakinan dan budaya beragam, namun hidup rukun.

"Saya yakin saya adalah sosok yang sempurna untuk memberi tahu dunia tentang keberagaman dan persatuan," kata Sonia di atas panggung.

Baca juga: Doa dan dukungan untuk Sonia di Miss Universe 2018

Selain membawa tema tersebut, para puteri Indonesia juga akan memperkenalkan budaya Indonesia melalui kostum-kostum yang mereka kenakan. Tahun ini, para perancang yang terlibat untuk gaun yang dikenakan Sonia di Miss Universe 2018 adalah Ghea Panggabean, ANAZ, Tommy Pancamurti, Anne Avantie dan Dynand Fariz.

Para perancang terinspirasi dari kekayaan budaya maupun alam Indonesia, yang diterjemahkan dalam busana. Salah satu kostum yang disoroti dalam ajang ini adalah National Costume, Indonesia pernah meraih juara dalam kategori ini pada 2014 lalu, saat Elvira Devinamira masuk kompetisi tersebut.

Dynand Fariz dari Jember Fashion Week dipercaya untuk merancang National Costume, terinspirasi dari keindahan burung cendrawasih yang memiliki warna-warni cemerlang.

"Saya bukan hanya berkompetisi untuk diri sendiri, tapi, juga negara kita Indonesia... Semoga saya bisa membuat kalian semua bangga, semoga membawa hasil yang terbaik di Miss Universe".

"I'm Sonia, your Miss Universe Indonesia 2018," kata Sonia menutup perkenalannya di atas panggung.

Baca juga: Putri Riri runner-up Miss Asia Awards 2018

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018