Kita target sertifikasi tujuh juta bidang, mudah-mudahan bisa diselesaikan sesuai target
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil berharap bisa menyelesaikan sertifikasi lahan sebanyak tujuh juta bidang pada 2018.

"Kita target sertifikasi tujuh juta bidang, mudah-mudahan bisa diselesaikan sesuai target," ujarnya setelah menghadiri rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa.

Dia lebih lanjut menjelaskan pada tahun lalu Kementerian ATR/BPN, melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), berhasil menyertifikasi 5,4 juta lahan.

Lalu, pada tahun ini, targetnya tujuh juta lahan dan nanti bisa lebih dari tujuh juta dari angka-angka yang ada, sambungnya.

Namun, menurutnya, memang tidak semua lahan bersertifikat, karena persoalan tanah sengketa yang baru diselesaikan atau tanah yang telah diukur, namun pemiliknya berada di luar kota atau sedang tidak ada. Hal tersebut, nantinya, akan diberitahukan setelah pemiliknya kembali, sehingga bisa mengurus sertifikatnya kapanpun.

"Dalam jumlah tujuh juta itu, kita bisa mencapai lebih dari jumlah tersebut," ujarnya.

Baca juga: Menteri Agraria bangga atas pencapaian sertifikasi tanah
Baca juga: Presiden apresiasi tercapainya target sertifikasi lahan
 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018