counter

Liga Jerman

Dortmund tundukkan Schalke untuk pertama kalinya dalam tiga tahun

Dortmund tundukkan Schalke untuk pertama kalinya dalam tiga tahun

Penyerang Borussia Dortmund Jadon Sancho menaklukkan kiper Schalke 04 Ralf Fahrmann untuk mengemas gol dalam pertandingan Liga Jerman yang dimainkan pada Sabtu (8/12/2018). (twitter.com/Bundesliga_EN)

Jakarta (ANTARA News) - Borussia Dortmund menundukkan Schalke 04 untuk pertama kalinya dalam rentang waktu tiga tahun, saat Jadon Sancho mengemas gol penentu kemenangan untuk mengubah skor menjadi 2-1 dalam pertandingan Derby Lembah Ruhr yang dimainkan di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Jerman pada Minggu dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, Dortmund belum tergoyahkan di pucuk klasemen Liga Jerman dengan koleksi 36 poin, unggul sembilan poin atas pesaing terdekatnya Bayern Muenchen, demikian catatan pertandingan di laman resmi Liga Jerman.

Tim tamu membuka keunggulan saat pertandingan baru berlangsung tujuh menit. Bola tendangan bebas Marco Reus disambar Thomas Delaney, yang sundulannya melewati Ralf Fahrmann untuk menjadi gol perdananya bagi Dortmund.

Peluang demi peluang dimiliki kedua tim sebelum turun minum, ketika Dortmund terlihat lebih ingin mengandalkan serangan balik, sedangkan Schalke membangun serangan mereka dari belakang. Pasukan Domenico Tedesco harus melakukan perubahan di lini depan setelah Guido Burgstaller terpaksa ditarik keluar lapangan karena kakinya terkilir, untuk kemudian digantikan Hamza Mendyl, yang membuat Mendyl dan Weston McKennie memimpin lini depan Schalke pada babak kedua.

Babak kedua dimulai dengan permainan yang lebih lambat, namun sebagaimana laga derby lainnya, tidak perlu waktu lama untuk memanaskan suasana. Terjangan Reus terhadap Amine Harit awalnya diabaikan wasit Daniel Siebert, namun setelah meninjau Video Asisten Wasit, ia memutuskan untuk memberikan hadiah penalti kepada Schalke. Daniel Caliguri sukses mengecoh Roman Burki melalui eksekusi penaltinya pada menit ke-61.

Sancho kemudian mengukir sejarah untuk Dortmund pada menit ke-74. Pemain internasional Inggris ini mendapatkan sodoran bola di dekat gawang oleh Raphael Guerreiro, dan ia tidak melakukan kesalahan saat melepaskan tembakan dari sudut sempit, yang bolanya gagal dihentikan Fahrmann ke sudut jauh.

Pada debut derby Lembah Ruhrnya, pemain 18 tahun ini membuktikan kelasnya untuk pasukan Lucien Favre, yang membantu mereka berdiri kokoh di pucuk klasemen.

Sementara itu, juara musim lalu Bayern Muenchen berhasil naik ke peringkat kedua berkat kemenangan 3-0 atas tim papan bawah Nurnberg. Robert Lewandowski mengukir dwigol, sedangkan satu gol lagi dibukukan oleh legiun Prancis Franck Ribery.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Jerman:

Schalke 04 (4-2-3-1): Fahrmann, Caligiuri, Sane, Nastastic, Oczipka (Konoplyanka  76’), Rudy, McKennie, Bentaleb (Serdar 55’), Harit, Schopf, Burgstaller (Mendyl 36’)

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Burki, Piszczek, Akanji, Diallo, Hakimi, Witsel, Delaney, Sancho (Pulisic 89’), Reus (c), Bruun Larsen (Guerreiro  62’), Alcacer (Goetze 77’)

Baca juga: Meski tidak diunggulkan, Schalke incar kemenangan saat menjamu Dortmund

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Jerman, para pesaing terpeleset Dortmund nyaman di puncak

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar