counter

Psikolog: pertahankan waktu berkualitas bersama anak

Psikolog: pertahankan waktu berkualitas bersama anak

Psikolog anak Ayoe Sutomo, M.Psi. (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta (ANTARA News) - Kesibukan orangtua di luar rumah semisal karena bekerja bukan menjadi alasan mengabaikan waktu kebersamaan dengan anak. 

Psikolog anak Ayoe Sutomo, M.Psi. mengatakan niat untuk memiliki waktu berkualitas dengan anak menjadi hal pertama yang harus orangtua tekankan dalam diri mereka. 

"Waktu habis di luar sehingga saat bertemu anak energi habis. Tetapi ini bukan berarti tidak bisa diatasi. Pertama, harus niat untuk waktu berkualitas dengan anak. Dicari waktu pas kondisi anak segar," kata dia di Jakarta, Selasa. 

Menurut Ayoe, orangtua perlu memastikan masih memiliki energi yang cukup dan tentu saat bersama anak, harus kreatif memilih kegiatan yang berkualitas. 

"Harus diiringi kreativitas. Kadag orangtua suka bingung mau ngapain, akhirnya jadi gadgetan atau main itu-itu saja. Misalnya bisa beri anak kejutan, dan bisa masuk ke pembicaraan-pembicaraan," kata dia. 

Tak perlu waktu lama, sekitar 20-30 menit bersama anak asalkan berkualitas cukup untuk menjaga relasi hubungan anak dan orangtua. 

Ayoe menekankan pentingnya menciptakan momen kebersamaan antara anak dan orangtua dalam  mendukung proses tumbuh kembang anak. Kebersamaan anak dan orangtua juga bisa menjalin kedekatan emosi antara keduanya. 

Baca juga: Bermain agar orangtua dan anak jadi dekat

Baca juga: Pentingnya peran kakek-nenek ketika orangtua bercerai

Baca juga: Perilaku antisosial pada anak berhubungan dengan pola asuh orangtua

Baca juga: Ahli: Hanya satu dari empat gaya orangtua "memberi makan" anak yang benar

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Bangun kemandirian anak berkebutuhan khusus

Komentar