Vancouver/Beijing (ANTARA News) - Pengadilan Kanada pada Selasa (11/12) mengabulkan permohonan pembebasan penahanan dengan jaminan bagi petinggi perusahaan raksasa telekomunikasi China Huawei, Meng Wanzhou, yang diburu Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan penipuan.

Pengadilan menetapkan uang jaminan sebesar 10 juta dolar Kanada (sekitar Rp108,9 miliar) atas Meng. Langkah itu dilihat dapat menurunkan kemarahan China atas penahanan Meng.

Meng, 46, adalah direktur keuangan Huawei Technologies Co Ltd serta putri pendiri perusahaan tersebut. Ia ditahan sejak 1 Desember.

Meng menghadapi tuduhan Amerika Serikat bahwa ia telah menyesatkan sejumlah bank multinasional soal transaksi-transaksi terkait Iran, yang membuat bank-bank tersebut berisiko melanggar ketetapan AS soal sanksi.

Dalam persidangan di Vancouver, British Columbia, Hakim William Ehrcke mengabulkan permohonan jaminan atas Meng. Direktur keuangan Huawei itu akan menjalani pengawasan, jam malam dan syarat-syarat lainnya.

Jika hakim Kanada memutuskan bahwa kasus Meng cukup kuat, menteri kehakiman Kanada harus memutuskan apakah Kanada akan mengekstradisinya.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan kepada Reuters, Selasa, ia akan melakukan intervensi dalam kasus Meng yang ditangani Departemen Kehakiman AS jika kasus tersebut bermuatan kepentingan keamanan nasional atau bisa membantu AS mencapai kesepakatan perdagangan dengan China. Baca juga: Trump akan campur tangan soal Huawei

Penahanan Meng semakin menurunkan hubungan China dengan AS serta Kanada pada saat ketegangan di antara mereka sendiri sudah tinggi terkait perang dagang yang sedang berlangsung serta tuduhan AS bahwa China melakukan pemata-mataan.

China telah mengancam akan bertindak keras jika Kanada tidak segera membebaskan Meng. Para pengulas mengatakan bahwa pembalasan Beijing soal penahanan itu kemungkinan akan terjadi.

Baca juga: China desak Kanada bebaskan pejabat Huawei atau hadapi konsekuensi

Departemen Luar Negeri AS sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan peringatan perjalanan bagi warga negara AS, kata dua sumber pada Selasa.

Sementara itu, Pemerintah Kanada membenarkan bahwa satu warga negaranya di China ditahan. Dua sumber mengatakan kepada Reuters bahwa warga Kanada yang ditahan itu adalah mantan diplomat Kanada Michael Kovrig. Pemerintah Kanada mengatakan pihaknya tidak melihat ada kaitan jelas antara penahanan itu dengan kasus Huawei.

Namun, mantan duta besar Kanada untuk China Guy Saint-Jacques mengatakan, "Di China tidak ada yang kebetulan ... Kalau mereka ingin mengirimkan pesan kepada Anda, mereka akan mengirim Anda pesan." Ia menjawab pertanyaan Canadian Broadcasting Corp soal apakah penahanan Kovrig merupakan suatu kebetulan.

Meng ditahan pada 1 Desember, sebagai bagian dari penyelidikan yang dilancarkan Amerika Serikat, ketika ia sedang berganti pesawat di Vancouver.

Meng mengatakan dirinya tidak bersalah dan akan menantang tuduhan-tuduhan itu di AS jika ia diekstradisi.

Baca juga: Disidang, bos Huawei dituduh lakukan penipuan

Untuk saat ini, Meng diharuskan tetap berada di Kanada, memasukkan lima nama penjamin serta berada di bawah pengawasan dan keamanan elektronik jika ia meninggalkan kediamannya.

Meng diperintahkan untuk kembali menghadiri persidangan pada 6 Februari untuk menentukan kehadirannya pada persidangan-persidangan selanjutnya.

 
Sumber: Reuters
Editor: Tia Mutiasari/Fardah Assegaf

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2018