Jakarta (ANTARA News) - KRC Genk memastikan diri lolos ke babak 32 besar Liga Europa sebagai jawara Grup I seusai menggasak tamunya, Sarpsborg, dengan skor 4-0 dalam laga pamungkas penyisihan grup di Stadion Luminus, Genk, Belgia, Jumat dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Genk bercokol di puncak klasemen akhir Grup I dengan catatan 11 poin, sedangkan Sarpsborg (5) menjadi juru kunci, demikian catatan pertandingan laman resmi UEFA.

Genk melangkah ke babak 32 besar bersama klub Swedia, Malmo FF (9), yang sukses meraup tiga poin dari markas Besiktas (7).

Dua gol yang dicetak Genk dalam lima menit pertama pertandingan lewat Zinho Gano dan Joseph Paintsil menjadi pondasi utama kemenangan mereka, sebelum kemudian Sander Berge dan Joseph Aidoo melengkapinya pada babak kedua.

Gano membuka keunggulan Genk saat pertandingan baru berjalan dua menit, ketika ia melakukan tendangan sentuhan pertama menyambut umpan silang Berge.

Tiga menit berselang, giliran Paintsil mencetak gol ke gawang Sarpsborg, saat ia memanfaatkan umpan dari kapten tim Pozuelo.

Paintsil hampir mencetak gol keduanya di pertandingan tersebut pada menit ke-25 jika saja tendangannya yang sudah tak terjangkau kiper Aleksandr Vasyutin tidak ditolak oleh tiang gawang.

Dua menit kemudian tim tamu berpeluang mencetak gol balasan, sayang Patrick Mortensen yang berdiri bebas tanpa kawalan hanya bisa mengarahkan bola ke lengan kiper Danny Vukovic.

Setelah percobaan tembakannya hanya menghasilkan sepak pojok, Berge lantas berhasil memanfaatkan situasi tendangan sudut itu untuk menyambut bola kiriman Gano dan memperbesar keunggulan Genk menjadi 3-0 pada menit ke-64.

Sebagaimana gol kedua Genk terhadap gol pertama, gol keempat juga lahir hanya berjarak tiga menit dari gol ketiga.

Melalui situasi sepak pojok, Aidoo yang maju membantu serangan berhasil melompat paling tinggi di antara kerumunan pemain di dalam kotak penalti Sarpsborg demi menyundul bola kiriman Ruslan Malinovskiy.

Skor 4-0 bagi Genk bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi nyaring di Stadion Luminus.

Baca juga: Chelsea batal sapu bersih fase grup usai diimbangi Vidi 2-2

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

KRC Genk (4-3-3): Danny Vukovic; Joakim Maehle, Sebastian Dewaest, Joseph Aidoo, Jere Uronen (Bojan Nastic); Ibrahima Seck, Pozuelo (Ruslan Malinovskiy), Sander Berge; Joseph Paintsil, Zinho Gano, Leandro Trossard (Dieumerci N'Dongala)
Pelatih: Philippe Clement

Sarpsborg (4-4-2): Aleksandr Vasyutin; Jon-Helge Tveita, Jorgen Horn, Joonas Tamm, Joachim Thomassen (Amin Askar); Ole Halvorsen (Kristoffer Larsen), Matti Lund Nielsen, Kristoffer Zachariassen, Tobias Heintz; Rashad Muhammed (Jorgen Larsen), Patrick Mortensen
Pelatih: Geir Bakke

Baca juga: Rapid Wina melaju dan singkirkan Rangers

Baca juga: Tundukkan Spartak 2-0, Villarreal lolos ke 32 besar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018