Kenalkan lagu "Indonesia Raya" yang tiga stanza,
Riyadh (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta murid-murid Sekolah Indonesia Riyadh diajarkan lagu Indonesia Raya tiga stanza sebagai bagian dari pendidikan karakter bangsa.

"Kenalkan lagu "Indonesia Raya" yang tiga stanza," kata Mendikbud di Sekolah Indonesia Riyadh di Arab Saudi, Sabtu dalam rangkaian kunjungannya ke Arab Saudi untuk menghadiri Festival Janadriyah ke-33.

Selama ini lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan hanya satu stanza atau bagian pertama, padahal lagu karya Wage Rudolf Supratman itu terdiri dari tiga stanza.

Pada kesempatan itu, Muhadjir mengajak murid-murid Sekolah Indonesia Riyadh menyanyikan lagu "Indonesia Raya", "Garuda Pancasila" dan "Dari Sabang Sampai Merauke".

Selain lagu-lagu nasional, Muhadjir juga mengajak murid-murid untuk menyanyikan "Shalawat Badar", "Tala' Al Badru 'Alayna" dan "Assalamu Alayka" yang dipopulerkan Maher Zein.

Muhadjir juga mengetes hafalan Pancasila murid-murid Sekolah Indonesia Riyadh. Muhadjir bahkan menantang murid-murid bila ada yang hafal Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Tantangan Muhadjir itu dijawab Haura Aurela Arifah Djuansjah, murid kelas VIII di Sekolah Indonesia Riyadh. 

Baca juga: Mendikbud temui pelajar Indonesia di Riyadh
Baca juga: Mendikbud: Misi kebudayaan sebagai diplomasi lunak

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2018