Tangerang (ANTARA News) - Astra Tol Tangerang-Merak menyiagakan bantuan bagi korban tsunami yang menimpa kawasan pantai barat Provinsi Banten  diantaranya dengan membangunkan dua posko untuk memudahkan melakukan koordinasi penanggulangan bencana.

"Kami sudah menginstrukskan langkah-langkah siaga kepada petugas layanan tol Tangerang-Merak terkait penanganan bencana," kata Direktur Utama Astra Tol Tangerang-Merak, Krist Ade Sudiyono di kantor pusat Tangerang, Minggu.  

Krist mengatakan, terkait dengan bencana yang terjadi pada Sabtu (22/12) pukul 21.30 WIB secara keseluruhan kondisi dan operasional jalan Tol Tangerang-Merak dalam kondisi baik dan berjalan dengan normal untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jalan tol

Untuk Posko yang dibentuk, Krist mengatakan, terdapat dua yakni di  di Kantor Operasional Ciujung sebagai pusat koordinasi dengan otoritas setempat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polda Banten, serta aparat di lapangan. Serta berikutnya di di Kantor Serang Timur, sebagai pusat  rescue dan logistik bantuan.

Kris juga menyampaikan telah menyiagakan seluruh potensi layanan darurat baik untuk kebutuhan layanan jalan tol maupun dukungan kepada tim penanganan lokasi bencana berupa layanan internal jalan tol dengan menambah petugas yang siaga di 10 Gerbang Tol Tangerang-Merak, memaksimalkan armada layanan patroli, rescue, dan medis.

Layanan penanganan lokasi berkoordinasi dengan "Nurani Astra" yang turut memberikan bantuan armada derek, ambulans, tenaga rescue, dan Tim Unit Tanggap Darurat Astra (UTDA),  bantuan logistik yang akan didistribusikan kepada korban bencana, serta membantu  pengumpulan logistik bantuan di Kantor Gerbang Serang Timur. 

Baca juga: Dompet Dhuafa turunkan tim resposn ke wilayah Selat Sunda
Baca juga: Telkom: layanan telekomunikasi di Banten-Lampung berfungsi normal
Baca juga: Korban jiwa tsunami Selat Sunda bertambah jadi 222 orang

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018