Ada prioritas atau unek-unek masyarakat Jabar yang perlu saya sampaikan yaitu bagaimana tentang pembangunan Jalur Puncak 2
Bogor (ANTARA News) -  Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum sempat menyinggung rencana pembangunan Jalur Puncak 2 di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara penyerahan serrtifikat tanah kepada warga Jabar di Bogor,  Rabu. 

"Ada prioritas atau unek-unek masyarakat Jabar yang perlu saya sampaikan yaitu bagaimana tentang pembangunan Jalur Puncak 2," kata Wagub Uu saat memberikan sambutan dalam acara itu. 

Ia berharap usulan itu bisa direalisasikan untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di kawasan itu.  "Kalau bisa direalisasikan dan kami sangat memerlukannya," katanya. 

Sejumlah daerah di kawasan Bogor dan Cianjur mengusulkan pembangunan Jalur Puncak 2 untuk mengurai kemacetan di wilayah Puncak.

Sejumlah kepala daerah mendorong pembangunan Jalur Puncak 2 bisa direalisasikan karena saat ini mengingat kondisi jalur Puncak sudah sangat padat.

Untuk mengatasi kemacetan dari arah Bogor ke Jakarta, patut dipertimbangkan membangun poros tengah yakni Puncak 2 dari Sentul ke Cipanas.

Pelebaran jalur Puncak yang ada sekarang dinilai belum bisa mengatasi kemacetan dalam jangka panjang. Terlebih, kemacetan di kawasan tersebut tidak hanya terjadi saat akhir pekan namun setiap hari. 

Saat longsor beberapa waktu lalu, Cianjur mengalami kerugian karena 50 ton sayuran per hari ke Jakarta tersendat. 

Mereka meminta usulan pembangunan Puncak 2 direalisasikan dan menjadi jalan nasional, dengan catatan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga: Harapan Wagub Jabar terhadap Bendungan Sukamahi dan Ciawi

Baca juga: Presiden Jokowi: Pembangunan Bendungan Ciawi lancar


 

Pewarta: Agus Salim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018